CARA MERAWAT BURUNG KENARI BAKALAN AGAR RAJIN BUNYI NGEROL

Cara merawat burung kenari bakalan agar rajin bunyi - Kenari adalah jenis burung berkicau yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia saja tetapi hingga penjuru dunia. Walaupun harus diakui pada tingkat even lomba burung kecil ini masih kalah popularitasnya dengan burung kicauan lainnya, seperti murai batu, kacer, lovebird dan lain sebagainya. Untuk bisa bersaing harus meningkatkan kualitas kenari dengan cara merawat burung kenari agar ngerol juara hebat.
   Bahwa penggemar burung kenari masih cukup banyak yang tersebar hingga ke pelosok-pelosok negeri. Kenari muda ini yang paling banyak dicari karena bisa dilatih agar rajin bunyi ngerol. Berikut ini tips cara merawat burung kenari bakalan agar rajin berkicau.
  Cara merawat kenari anakan yang bisa dibeli pasar-pasar burung juga masih relatif mudah  dengan harga terjangkau. Apabila menginginkan bakalan kenari yang benar-benar terjaga  kualitasnya dan jelas keturunannya bisa langsung memesan langsung pada peternak kenari. Burung kenari ada beberapa tipe, mulai dari postur, suara dan warna. Pilihkan kenari sesuai keinginan dan selera, tentukan mau kenari warna bisa dilihat dari bulunya. Jika menginginkan kenari dari kualitas kicaunya maka pilihlah kenari penyanyi atau jenis kenari song. Nah, jika mau kenari yang terlihat gagah bisa pilih kenari postur.
CARA MERAWAT BURUNG KENARI BAKALAN AGAR RAJIN BERKICAU
Kenari bakalan



7 Tips Cara Merawat Burung Kenari Bakalan Agar Rajin Berkicau

   Sebenarnya cara merawatan burung kenari sehari hari cukup mudah untuk dilakukan. Namun tetap saja ada membutuhkan perhatian dan ketelatenan agar kenari benar-benar menjadi kenari yang rajin berkicau ngerol dor. Secara umum perawatan kenari adalah meliputi pemberian pakan yang baik, menjaga kebersihan sangkar dan lingkungannya juga perlu untuk penjemuran rutin. Untuk detailnya bisa disimak pada ulasan di bawah ini, bacalah bagaimana cara perawatan burung kenari bakalan agar rajin berbunyi sampai selesai agar tak tertinggal ulasan penting satupun.

1. Atur Pola Makan Dengan Benar

   Naluri makan pada hewan adalah selalu memakan apa makanan yang sudah disediakan. Jadi seberapapun pakan  yang kita sediakan di dalam sangkarnya akan dimakannya sampai habis. Tentu harus pandai-pandai kita agar burung bisa makan dengan teratur dan tidak berlebihan. Pola makan harus  dijaga agar kenari sehat dan tumbuh kembangnya teratur. Tidak menjadi kenari yang kegemukan jika makan teratur. 
   Cara merawat kenari agar gacor panjang maka burung kenari jangan sampai kegemukan atau ngelemak. Karena ini pasti  akan mengurangi kesehatan dan aktifitasnya. Kenari akan menjadi malas bunyi jika kegemukan. Tipsnya adalah dengan memberikan pakan yang tidak berlebihan, cukup setengah wadah saja untuk pagi dan sore. Sedangkan minumnya air matang yang harus terus tersedia dan selalu rutin diganti.

2. Berikan pakan tambahan atau EF (ekstra Fooding)

   Pakan utama burung kecil ini adalah berupa biji-bijian. Bijian tersebut seperti kenari seed, milet putih, milet merah, jewawut dan biji sawi. Komposisi pakan yang baik berupa campuran bijian tersebut dengan komposisi dominan adalah kenari seed.
   Selain makanan pokok tersebut perlu juga ada tambahan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Seperti bahan-bahan pakan yang terdapat kandungan vitamin, mineral, protein dan zat lainnya. Bahan pakan tambahan ini meliputi telur, buah,sayuran dan lain sebagainya.

3. Menjaga Kebersihan Sangkar dan Lingkungannya

Agar kenari cepat bunyi keras maka faktor kebersihan adalah harga mati . Karena bibir penyakit sangat nyaman pada tempat-tempat yang kotor. Sedangkan merawat burung sangat dekat dengan kotoran. Pada sangkar pasti akan selalu kotor, karena burung selalu buang kotoran dan meninggalkan sisa makanannya. Untuk itu wajib hukumnya bagi para penggemar kenari untuk selalu menjaga kebersihan sangkar dan sekitarnya. Dengan kebersihan burung kenari menjadi sehat dan vit.

4. Mandi Rutin

Yang tak luput dari kebersihan adalah burung kenari itu sendiri. Burung kenari wajib dimandikan untuk kesehatan dan menjaga kestabilan birahinya. Selain itu juga bisa menghilangkan bibit penyakit dan kutu pada bulu burung. Kenari dapat dimandikan dengan cara disemprot lembut. Setelah mandi diangin-anginkan, jika cuaca memungkinkan bisa dijemur hingga bulu kering. Memandikan burung akan lebih efektif sekalian mencuci sangkarnya.

5. Penjemuran Rutin

Kebutuhan sinar matahari sangat tinggi bagi unggas terutama burung berkicau termasuk kenari juga. Karena sinar matahari mengandung zat berupa vitamin D yang sangat dibutuhkan kenari. Penjemuran harus rutin dilakukan mulai dari pagi hingga menjelang siang. Penjemuran yang baik mulai pada pagi hari jam 7 hingga jam 10 saja, karena jika terlalu siang sudah cukup panas.

6. Melatih Mental Burung

Burung kenari ngeriwik umur berapa bulan juga perlu dilatih mentalnya, ini bertujuan agar burung bisa mengenal lingkungannya sehingga tidak mudah stres. Walaupun sebenarnya burung kenari adalah jenis burung yang tidak mudah stres, tapi tetap harus dilatih. Bisa  dilakukan dengan menggantung sangkar di tempat yang ramai banyak lalu lalang orang dan kendaraan yang lewat. Dengan terbiasa dengan lingkungan yang ramai maka burung akan mau berbunyi di sembarang tempat.

7. Melakukan Pemasteran 

Burung kenari adalah memiliki karakter suara kicauan yang khas, dengan lengkingan dan  durasinya yang panjang. Namun perlu untuk diberikan latihan atau dimaster menggunakan suara burung lain yang karakter suaranya pas dengan kenari. Burung master yang paling mainstream adalah burung blackthroad dengan karakter durasi suaranya yang panjang dan lagunya yang merdu mendayu-dayu. Ini pas untuk  masteran kenari, namun jika memerlukan suara tembakan yang tegas bisa dengan memaster menggunakan suara ciblek sawah yang tembakannya menghentak.

Itulah ke 7 tips jitu cara melatih burung kenari bakalan agar bisa menjadi rajin berkicau. Caranya sebenarnya mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak biaya dan tenaga. Yang diperlukan adalah ketekunan dan kesungguhan dalam menjalankan tahapan-tahapan tersebut agar burung kenari bakalan benar-benar menjadi burung yang rajin  berbunyi dan menjadi juara..
   
Blogger
Disqus

No comments