MAKANAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA YANG LOVEBIRD MANIA HARUS TAHU

Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya – indukan lovebird yang sedang dalam masa meloloh harus diperhatikan makanannya. Peternak harus tahu pakan apa saja yang sebaiknya diberikan untuk indukan lovebird yang sedang meloloh anakannya. Bagi mereka para pemula di dunia ternak lovebird mungkin belum faham benar tentang hal ini. Tentu ini menjadi berbeda bagi mereka yang sudah lama di dunia ternak lovebird, karena mengenai penanganan ini sudah seringkali dialami. Pemberian makanan untuk lovebird yang sedang meloloh anakannya bisa menyesesuaikan dengan usia anakan lovebirdnya. Karena makanan lovebird yang diberikan saat meloloh anaknya bisa  berpengaruh besar bagi kesehatan dan pertumbuhan anak lovebird.
MAKANAN INDUK LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA
Lovebird Meloloh
   Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini Admin akan mencoba memberi sedikit ulasan tentang bagaimana cara perawatan burung lovebird saat dalam masa meloloh anakannya. Penjelasan ini tentu didasarkan pada pengalaman.  Beberapa narasumber adalah rekan-rekan para peternak dan dari beberapa kelompok ternak lovebird. Di sini, utamanya  Anda bisa mengetahui apa saja  makanan untuk indukan lovebird saat meloloh anaknya. Ada beberapa pakan khusus yang diberikan sesuai dengan tahapan yang dimulai semenjak telur pertama menetas. 

Periode Pemberian Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya

1. Periode telur lovebird pertama menetas

   Ketika telur pertama menetas dalam kurun waktu kurang lebihh 36 jam anakan belum memerlukan makanan.  Karena pada masa ini anakan masih memiliki cadangan makanan yang berasal dari telurnya. Pada usia ini anakan lebih butuh kelembaban di dalam sarang. Bahwa setelah beberapa hari dierami dan  telur terisi janin maka yang harus diperhatikan adalah tingkat kelembaban. Ini tujuannya agas semua telur bisa menetas dengan normal dan sempurna. Cara mengatur dan mengendalikan tingkat kelembaban sarang  secaraq sederhana dan alami adalah menggunakan kangkung sebagai medianya.
MAKANAN INDUKAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA
Meloloh lovebird
   Pada hari pertama setelah telur menetas berikan pada indukan beberapa tiga tankai kangkung saja. Biarkan indukan memakan dan  mengusung tangkai-tangkai sayur kangkung ke dalam gelodognya. Biasanya sang induk membawanya ke sarang dan  meletakkannya di sekitar telur. Dengan demikian telur dan anakan yang baru menetas bisa mendapat kelembaban. Selain ituperhatikan juga  wadah minumnya, tujuannya agar jangan sampai kehabisan minumannya. Beri kesempataqn indukan betina untuk mandi mandi. Ini tidak masalah,  karena adalah  bagian dari naluri induk lovebird agar semua telur dapat bisa dengan sempurna. Selanjutnya setelah 3 sampai 5 hari ssetelah telur pertama menetas memberikan juga pakan tambahan untuk indukan lovebird, bisa berupa sayuran kangkung dan jagung muda. 


2. Periode Anakan lovebird mulai doyan makan

   Saat anakan lovebird belum membuka mata, ia memerlukan makanan lembut yang mudah dicerna. Indukan akan memberikan makanan apa saja  yang ada apabila tidak tersedia pakan yang lembut. Apa bila makanan yang tersedia hanya berupa biji-bijian tentu saja yang dilolohkan pada  anakan bisa masih berupa butiran. Anakan yang baru beberap ahari menetas bisa berakibat temboloknya keras dan tidak segera dicerna. Tentu saja ini membahayakan dan berakibat fatal,  anakan bisa mati karean masalah pencernaan.
   Untuk mengantisipasinya bisa dengan memberikan pakan berupa kangkung yang telah dicincang, jagung muda, atau bisa diberikan pakan ayam pedaging BR1 sebagai makanan tambahan untuk anakan lovebird. Harus selalu dipenuhi kebutuhan makanan tersebut hingga anakan lovebird berani keluar glodog dan bisa diloloh sendiri.

3. Periode Bayi lovebird pertama membuka matanya

   Setelah anakan berumur 12 hari, maka saat itu bisa membuka matanya. Masa ini juga  memerlukan pakanyang tepat. Dengan makanan yang sesuai maka ankan lovebird  akan sehat dan  tumbuh lebih cepat. Sebaiknya berikanlah makanan induklan lovebird pada saat meloloh anaknya dengan perbandingan 1:1,  untuk pakan utama berupa milet putih dan campurannya kenari sheet. Pemberian pakan bikian  itu akan melatih anakan mulai memakan makanan berupa bikian yang lebih keras. Ini untuk melatih kemampan paruh maupun  untuk organ pencernaan anakan lovebird.

   Inilah bahasan mengenai pemberian pakan untuk induk lovebird yang sedang dalam masa meloloh anakannya. Ada beberapa makanan untuk induk lovebird  yang bisa diberikan sesuai dengan tahapan yang dimulai dari anakan menetas  hingga lepas loloh. Setelah anakan lovebird bisa dipisahkan, selanjutnya indukan juga harus kembali dikondisikan. Hal tersebut tujuannya agar burung kembali vit sehingga dapat kembali berproduksi dengan baik. 
Blogger
Disqus

No comments