IDE BISNIS RUMAHAN UNTUNG BESAR DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD

Ide bisnis rumahan dari hobi burung lovebird - Meraih kesuksesan bisnis di rumah bisa dilakukan dengan banyak cara. Ada banyak ide-ide bisnis yang sangat relevan dan dapat dijalankan dengan baik. Peluang dan ide bisnis bisa muncul dari apa saja yang ada di sekitar kita. Nah, agar bisa menjalankan dengan asyik dan penuh semangat adalah mulai menekuni bisnis yang sesuai dengan hobi kita. Seperti sekarang yang sedang naik daun alias sedang ngetren adalah hobi burung berkicau. Tentu ada pelung bisinis di sini. Ide bisnis rumahan yang paling pas adalah dengan beternak burung lovebird sebagaimana hobi kita.
   Burung lovebird atau burung cinta banyak dikenal sebagai burung yang setia dengan pasangannya. Pada umumnya burung lovebnird hanya mempunyai satu pasangan saja, atau istilah kerennya  monogami. Bukan itu saja burung dengan paruh bengkok ini tergolong burung yang paling dicari laris dan sangat populer di tanah air. Ini karean ada keunggulan dari burung ini mulai dari warna bulunya yang beraneka ragam, jinak dan yang paling mengasyikkan adalah suara kicaunya yang ngekek. Burung ini tentu mempunyai nilai ekonomi tinggi, karena permintaannya juga sangat tinggi. Sehingga sangat pas jika ide bisnis rumahan untuk meraih untung besar diselaraskan dengan hobi burung lovebird.
IDE BISNIS RUMAHAN MODAL KECIL DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD
LOVEBIRD

Konsumen

Salah satu daya tarik burung lovebird adalah dari warna bulunya yang sangat beragam. Ini menjadikan burung ini sangat populer tak hanya dikalangan para penggemar burung saja. Kini mulai banyak yang melirik burung paruh bengkok dan jinak ini. Berbagai kalangan tua muda bahkan ada dari kaum hawa yang ,ulai memelihara lovebird. Ini menandakan bahwa masyarakat umum mulai menaruh perhatian dan menyukai lovebird.


INFO BISNIS

Popularitas burung lovebiord tidak perlu diragukan lagi. Dari beberapa jenis burung yang sering dipelihara mulai dari yang berwarna hijau, biru, kuning, hitam dan berbagai warna menarik lainnya. Itu adalah warna yang paling populer, sedangkan kini sudah semakin beragam warna-warna lovebird yang ada. Ada banyak lovebird berkualitas yang merupakan hasil ternakan luar negeri. Tentu ini dari segi kualitas sangat jauh di atas lovebird ternakan lokal, kita harus mengakui bahwa ternakan luar negeri masih jauh di atas kita. Namun kita tidak boleh berkecil hati, karean dengan ketekunan dan keseriusan kita pasti bisa menyamai bahkan mengalahkan kualitas ternakan luar negeri.
   Apabila melihat lovebird dari sisi kualitas maka itu pasti diimbangi dengan harga yang mahal pula. Seperti lovebird-lovebird impor tersebut tentu sudah dibanderol dengan harga yang fantastis. Bahea di sini kualitas burung sangat mempengaruhi harganya.
   Dengan melihat nilai ekonomisnya maka apabila Anda ingin bernisnis yang sesuai dengan hobi maka ternak lovebird bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda memilih berbisnis atau beternak lovebird di rumah untuk meraup keuntungan yang besar. Untuk memulainya tentu ada bebarapa hal yang harus diperhatikan.
   Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dan menjadi dasar ketika akan memulai bisnis budidaya lovebird.
  1. Sediakan tempat atau lokasi yang representatif untuk ternak lovebird. Di sini tidak perlu menggunakan lahan atau tempat yang luas, karena cukup dengan ruangan yang ada untuk bisa menampung beberapa sangkar ternak. Yang terpenting tenpatnya bersih, ada sinar masuk, aman dari hewan pengganggu dan tidak terlalu ramai.
  2. Carilah indukan lovebird yang berkualitas. Alasannya dengan indukan berkualitas makan akan dihasilkan anakan yang berkualitas pula. Dengan hasil anakan yang berkualitas tentu akan berpengaruh opada harga jual anakan hasil ternak. Sebagai gambaran, banyak peternak lovebird yang menggunakan indukan-indukan juara.
  3. Telaten, rajin dan Sabar. Ini bisa dimulai dengan update pengetahun tentang bagaimana beternak lovebird yang benar. Pengetahuan tentang perawatan lovebird selala masa mengeram, setelah telur menetas,  bagaimana memberi pakan indukan yang meloloh hingga bagaimana cara menjual hasil panennya.

Keuntungan Bisnis

Bicara mengenai keuntungan biasanya ini yang akan  menjadi perhatian dari bahasan ini. Untuk saat sekarang pada kondisi normal harga anakan lovebird standar yang waran hijau pada kisaran Rp. 200. 000,- sedangkan untuk anakan yang berkualitas baik dari anakan import atau anakan juara bisa mencapai jutaan rupiah.
Melihat nilai jual atau harga pasaran anakan ini sangat menggiurkan. Apalagi jika dilihat dari biaya pakan ini sangat menarik, karena anakan sudah bisa dijual ketika berumur 40 hari. Tentu ini tidak perlu biaya tinggi untuk urusan pakannya. 

Kelemahan Bisnis

Ada plus ada minus tentu selalu menyertaidalam semua  bidang. Sebagaimana dalam bisnis ternak lovebird ini terdapat pula sisi kelemahan disamping keunggulan atau keuntungnnya. Karena ini adalah usaha yang melibatkan nyawa, pasti ada hidup ada mati. Nah, disinilah yang perlu disoroti. Bahwa rawatan tidak selalu bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Ada kalanya faktor diluar kemampuan yang menjadikan kelemahan dalam beternak seperti faktor cuaca penyakit dan lain sebagainya. Dari usaaha budidaya burung ini yang menghinggapi adalah kematian anakan, telur invertil atau ridak isi hingga kematian indukan. Tapi jangan khawatir, karean itu semua dapat diantisipasi dengan pola perawatan yang benar. Yang utama adalah dengan menjaga kebersihan sangkar dan lingkungannya.

Perhitungan Bisnis

Untuk memulai bisnis ini tentu jarus ada pereancanaan yang matang di samping niat yang kuat. Setelah niat bulat dan mantab untuk menjalankan bisnis selanjutnya adalah perencanaan yang matang. Perencanaan yang paling utama adalah tentang perencanaan biayanya. Nah, di sini akan disampaikan perencanaan tentang biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha budidaya lovebird. Yang perlu dicatat dari gambar ini adalah sebagai rengrengan saja, artinya biaya bisa disesuaikan dengan kemamuan.

IDE BISNIS RUMAHAN UNTUNG BESAR DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD
Analisa Bisnis Budidaya Lovebird @bisnisukm.com

STRATEGI PEMASARAN

   Pemasaran juga menjadi salah satu faktior terpenting untuk berjalannya bisnis rumahan budidaya lovebird ini. Sebagai peternah juga harus memiliki kemampuan menjual yang baik. yang terpentingadalah memiliki pasar untuk hasil ternaknya. Bisa dengan menjalin hubungan dengan para penjual baik pengepul atau pengecer burung. Dapat juga dengan menjalin hubungan dengan sesama peternak, karena informasi bisnis pasti akan tersampaikan dengan baik.
   Jaringan bisnis lainnya yang tak boleh ketinggalan yang sangat rrelevan dengan dunia lovebird adalah para pemain lapangan kicauan. Karean para pemain lapangan ataupara penghobi lomba akan selalu mencari materi atau bahan burung yang berkualitas. Disinilah peluan selanjutnya, kareana para pemain lapangan tak akan segan mengeluarkan uang banyak demi mendaptkan burung sesuai harapannya. Dan satu lagi yang tak kalah penting adalah aktif di forum-forum burung online. Karea pasaran burung di dunia onloine juga sangat seru dan menjanjikan.

Kunci Sukses 

Mengingat usaha budidaya adalah membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Maka kunci dasar yang harus Anada miliki adalah tingkat kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil ternak. Modal utama yang harus dimiliki dan dipertahankan adalah kecintaan pada hobi atau passion pada burung lovebird agar saat menjalani bisnis benar-benar dari dalam hati.


Blogger
Disqus

No comments