Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol

Pemberian makanan burung Edel sanger / grey singing finch (Serinus leucopygius) adalah berupa bijian. Sanger adalah burung kecil dari benua Afrika yang memiliki hubungan kekerabatan dengan blackthroat (Serinus atrogularis). Finch ini karakter kicauannya sangat tajam, lantang dan ngerol panjang. Karakter suaranya yang unik menjadikan burung ini digemari para kicau mania di mana-mana. Agar kicauannya semakin menawan perlu diberi makanan burung sanger agar gacor.


Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol
perbedaan sanger dengan blacktrhoad @omkicau.com

Makanan burung sanger sebagaimana di habitat aslinya adalah berupa biji-bijian yang banyak tumbuh liar di kawasan Afrika. Di luar negeri, burung edel sanger juga memiliki nama popular: white-rumped seedeater. Wilayah sebarannya sama meliputi  kawasan Afrika seperti kerabatnya, blackthroat. Dari bentuk fisik antara burung sanger dan blackthroat jika dilihat sepintas, keduanya memiliki kemiripan. Tetapi jika diperhatikan secara teliti, terdapat perbedaan yang mencolok. Postur sanger lebih kecil, dengan panjang antara 10-11 cm. Sedangkan  panjang tubuh blackthroat lebih panjang 12-15 cm. Makanan pokok burung sanger dan blackthroad sama-sama berupa bijian. Dan di lingkungan barunya makanannya dengan racikan pakan sanger.

Pada umumnya, pola rawatan yang diterapkan untuk burung  sanger tidak jauh berbeda dari perawatan yang biasa dilakukan pada blackthroat juga jenis kenari. Tentu saja agar  mendapatkan burung yang rajin berbunyi, perlu penanganan khusus. Yang perlu diperhatikan terutama pada pemberian pakan yang tepat karena merupakan kunci yang pat agar burung sehat. Tak kalan penting juga perhatian pada  perawatan lainnya. Untuk membuat burung edel sanger rajin berkicau, berikut ada beberapa tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara keras.

Tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol

1. Pemberian Makanan burung sanger yang tepat

Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol
makanan burung sanger

Sebagaimana pada jenis kenari dan blackthroat, sanger juga sebagai  burung pemakan bijian. Untuk menjadikan burung sanger rajin bunyi, pemberian pakan harus diperhatikan. Pakan bijian diberikan secukupnya saja agar burung tidak menjadi ngelemak atau kegemukan sehingga akan malas bunyi.

Selain pemberian pakan bijian, perlu juga diberikan pakan tambahan atau extra fooding (EF). Pakan ekstra ini berupa telur puyuh rebus, egg food atau pakan jadi berbahan utama telur dan tepung roti, serta beberapa jenis sayuran dan buah, seperti selada juga apel merah. Untuk membuatnya semakin rajin bunyi, bisa juga diberi daun krokot.


2. Jaga kebersihan sangkar, perlengkapannya dan lingkungan kandang

Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol
burung sanger

Tips  perawatan yang tidak kalah penting  adalah menjaga kebersihan, baik sangkar, perlengkapan juga lingkungan kandang. Jika dilakukan secara teratur, burung pun akan menjadi sehat sehingga staminanya akan baik maka semakin aktif dan rajin berbunyi. Sangkar yang bersih merupakan pencegahan dari serangan parasit  dan penyakit.


3. Jemur Rutin

Penjemuran rutin akan menjadikan burung sanger sehat dan merangsang sanger agar rajin bunyi.  Penjemuran dapat  dilakukan setelah burung disemprot atau mandikan sewajarnya. Jemur burung dapat dilakukan antara pukul 7 hingga 10 pagi saja atau selama 3-4 jam.

Meski asal burung ini dari daratan Afrika yang bersuhu panas, tetapi sekarang sebagian besar sanger yang dijual di pasar tidak seluruhnya import. Sebagian lagi berasal dari dari hasil penangkaran lokal. Burung hasil tangkaran lokal  sudah beradaptasi dengan iklim tropis. Karena itu, untuk waktu penjemuran harus disesuaikan. 

4. Jauhkan sanger dari burung sejenis

Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol
Edel Sanger
Sanger adalah jenis  burung yang bersifat teritorial. Sifatnya bisa berubah menjadi lebih  agresif jika melihat ada burung sejenis dekat  sangkarnya. Maka dari itu, jika memiliki lebih dari seekor sanger, ada baiknya sangkar keduanya digantang berjauhan agar tidak saling melihat.

5. Kerodong malam hari

Penggunaan kerodong penting untuk sanger, agar terkontrol aktifitasnya. Dengan kerodong saat malam, maka burung bisa beristirahat secara optimal. Dengan istirahat yang cukup burung terjaga kondisinya. Kerodong akan mampu menjaga dari tiupan angin malam juga menjaga dari serangan nyamuk. Pengerodongan juga akan mempercepat pemulihan stamina burung sangr. Sehingga esoknya burung dalam kondisi fit dan akan berkicau dengan lantang.

 Demikian ulasan singkat tentang makanan burung sanger agar sehat dan staminanya terjaga. Dengan kondisi fit maja burung sanger akan suka berkicau. Ada juga di sini tentang 5 tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol, tajam dan bersuara lantang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi dunia kicau Indonesia. Salam kicaumania!
Blogger
Disqus

No comments