5 Jenis Murai Batu Yang Paling Bagus

Ciri ciri murai batu yang paling dicari.  Ada beberapa jenis burung murai batu yang tersebar di sekitar Indonesia. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai burung murai batu. Agar Anda dan para murai batu mania di mana-mana lebih jelas maka penjelasan akan disertai dengan gambar burung murai.
   Beberapa jenis murai batu dengan ciri ciri  khasnya seperti  murai medan, murai nias, murai malaysia, murai lampung, juga murai batu bahorok. Jenis burung murai yang disebutkan ini merupakan yang terbaik dari sekian jenis murai batu yang ada. Mulai dari postur tubuh, warna hingga kemampuan kicaunya menjadikan sangat dicari oleh para penggemar murai batu khususnya di negara Indonesia.

Baca dulu : Burung Murai Batu Semakin Langka Dan Dilindungi

   Nah dari sini, terlihat bahwa animo masyarakat pecinta burung kicauan di Indonesia sangat bagus terhadap burung murai batu. Untuk ukuran masyarakat Indonesia maka daya belinya cukup tinggi. Hingga  tidak di pandang lagi harga mahal atau murah, yang terpenting adalah bisa memiliki burung ini dan untuk dirawat hingga dibudidayakan.
   Ciri khas burung murai ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu pada  ekor yang sangat panjang dibanding burung lainnya. Para kicau mania di tanah air sering membicarakan tentang ekor panjang burung murai batu. Ada beberapa jenis burung murai medan, murai batu Medan, Nias, Lampung, Aceh maupun Borneo (Kalimantan). Semua jenis burung  murai tersebut dengan ciri ciri yang berbeda satu sama lain.
   Di habitatnya keberadaan burung murai mulai terancam punah. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tingginya permintaan akan burung ekor panjang ini.  Tentu saja pemburu liar semakin meraja lela atau bisa jadi murni karena kerusakan lingkungan. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar keberadan burung burung kebanggaan Indonesia tersebut tetap lestari.
   Penyebaran burung murai merambah di seluruh kawasan Indonesia hingga luar Indonesia. Di kawasanIndonesia bisa di dapatkan sekitar pulau sumatra, jawa, dan kalimantan. Pastinya tiap penyebaran burung ini memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai wilayah sebarannya.
Berikut ini ada beberapa jenis burung murai sebagaimana yang diuraikan di atas. Semua jenis murai batu ini  ternyata hampir semua jenis burung ini sangat sulit untuk dibedakan. Namun pasti ada ciri ciri tersendiri yang bisa menjadi pembedanya.

1. Murai Medan 
5 Jenis Murai batu yang bagus.
murai medan
   Harga murai medan asli sangat fantastis karena sebagai salah satu burung yang terbaik dari semua jenis yang hidup di Indonesia. Burung ini sudah menyebar di seluruh kawasan pulau sumatra, kalimantan, dan sebagian kecil ada di pulau jawa.  Di sekitar gunung atau hutan banyak yang berburu murai sumatra medan. Kebanyakan hanya mencari induk atau bakalan yang sangat berkualitas.
   Ciri ciri murai batu medan yang paling dominan pada murai batu medan adalah pada ekornya. Ekornya berbeda dengan murai lain,  karena ekor burung murai cukup panjang bisa mencapai 25 sampai 30 cm. Seakan-akan murai medan ini memiliki ciri ciri khas untuk menjadi tanda pengenal.
Pada umumnya julukan murai medan tidak hanya berasal dari sekitar kota medan saja. Ada sumber yang menjelaskan bahwa  nama tersebut di ambil dari istilah pada zaman dahulu. Tentu saja ada berbagai pendapat  lain  yang berbeda-beda.
   Pada umumnya murai medan ini didapat banyak dari asli habitatnya. Sehingga pemerintah setempat harus berperan aktif menyetujui agar burung murai medan ini sebagai as fauna yang dilindungi. Agar keberadaan burung murai medan terjaga kelestariannya.

2. Murai Nias 
5 Jenis Murai batu yang bagus.
murai bias
   Burung murai nias  sesuai dengan namanya adalah berasal daerah pulau Nias. Para pengemar murai batu menyatajan bahwa  burung ini sebagai persaing murai medan. Karena kedua jenis burung murai ini sudah terbukti menjuarai di beberapa arena perlombaan burung berkicau.
   Beberapa pendapatan mengatakan bahwa yang terbaik dalam berkicau adalah murai nias. Kemampuan berkicau murai Nias hampir sama dengan murai medan. Sedangkan perbedaan murai medan dengan murai  lampung hanya pada panjang ekor dan bentuk badannya. Murai nias juga pernah meraih juara yang terbaik. Alasan inilah sehingga para pecinta murai mulai melirik murai nias.
   Di kepulauan Nias, burung ini banyak orang menyebutnya tatohua. Kelebihan suara murai batu nias ini adalah keras dan jernih. Burung murai nias juga sangat unik, jika ada burung lain di sekitarnya, maka murai nias ini menirukan suara burung lain yang ada di sekitar mereka.

3. Murai Malaysia 
5 Jenis Murai batu yang bagus.
murai malaysia
   Murai malaysia adalah berasal dari negara malaysia, tetapi burung ini juga tersebar di negara lain. Seperti di negara thailand, malaysia, hingga sampai  filipina. Ciri ciri murai malaysia terlihat dari bentuk ekornya. Panjangnya  mirip seperti ekor murai medan, dan ada juga yang berekor pendek  seperti ekor murai Borneo.
   Murai malaysia banyak ditemukan di kawasan semenanjung malaysia. Burung ini mempunyai ekor yang sangat panjang kira mencapai 29 hingga 36 cm. Dengan ciri ciri bentuk ekor  sangat tipis tetapi lentur. Postur tubuh murai malaysia dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis murai medan.
   Tetapi ada kemiripan di warna corak tubuhnya, selain itu juga memiliki suara kicau yang begitu keras. Hampir sama juga dengan jenis murai yang lain,  murai malaysia juga cukup cerdas dan memiliki daya ingatan kuat yang bisa meniru suara burung jenis lainnya. Hanya saja murai malaysia ini mempunyai kelemahan, tenaganya sering mudah lemah. Mungkin dikarenakan energinya terkuras untuk mengibaskan ekornya yang panjang itu.

4. Murai Lampung 
5 Jenis Murai batu yang bagus.
murai lampung @gibran pjotograph
   Harga murai lampung super sangat fantastik. Burung murai lampung memiliki kekuatan terbaik dibanding saudaranya yang lain di sekitar sumatra. Di sini bisa dillihat dari ekornya yang lebih pendek dari murai medan atau aceh. Tetapi dari segi keunggulan burung lampung  sangat  enegik dan suara murai lampung super yang sangat luar biasa.
   Ciri ciri jenis murai lampung memiliki mental yang bagus juga memiliki ciri khas suara yang indah. Pada dasarnya setiap nada suaranya sering mengulang dengan nada yang sama. Dapat diatasi dengan pemasteran untuk menutupi dari kekurangan murai lampung. Selain itu sangat baik saat berlaga, dan stamina yang sangat bagus tidak mudah lelah.

5. Murai Batu Bahorok 
5 Jenis Murai batu yang bagus.
murai bahorok
   Penangkaran murai batu bahorok sudah mulai bermunculan. Murai bahorok ini mempunyai postur yang bagus. Murai bahorok sesuai namanya adalah  berasal dari daerah kecamatan bahorok kabupaten Langkat provisi sumatera utara.  

   Dari kota medan, harus menempuh perjalanan sekitar  4 sampai 5 jam. Murai bahorok habitatnya di sekitar kaki gunung Leuser yang terkenal dengan nama taman nasional gunung Leuser. Jenis murai bahorok tersebar di wilayah pulau pisang, gotong royong, bukit lawang, dan sampai menembus ke wilayah marike.

   Inilah sedikit ulasan tentang beberapa jenis murai batu yang paling di cari kicau mania di mana-mana. Dengan ciri ciri murai batu yang khas, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Blogger
Disqus

No comments