6 Media Sarang Yang Tepat Untuk Burung Kenari

Media sarang kenari sangat penting dalam proses  beternak burung kenari. Sarang adalah bagian yang penting dalam proses bertelur, mengerami, penetasan, hingga perawatan kenari induk pada anakan. Maka, artikel kali ini akan membahas tentang bahan-bahan yang tepat untuk sarang burung kenari. Karena tak sedikit kenari mania yang masih bingung untuk menentukan bahan atau media sarang kenari.

6 Media Sarang Yang Tepat Untuk Burung Kenari
media sarang kenari @omkicau.com




             Perlu diketahui, bahwa di habitat asli burung kenari membuat sarang menggunakan dedaunan kering, rumput kering, akar kering, lumut kering, serabut kering yang lembut, dan lain sebagainya. Bila diamati burung kenari adalah termasuk tipe burung yang tidak pemilih. Artinya jika di sekitarnya terdapat bahan yang cocok untuk dibuat sarang, maka akan diambil.
            Pada umumnya para penangkar kenari tidak ingin ribet tentang bahan sarang untuk kenarinya. Karena yang penting sesuai fungsinya, setiap penangkar pasti memiliki pendapat, pengalaman dan selera masing-masing. Maka kali ini akan diulas beberapa bahan atau media yang cocok sebagai sarang burung kenari.

Berikut ini adalah beberapa media sarang kenari yang bisa menjadi pilihan:

                1. Kertas
                Kertas bisa dimanfaatkan sebagai media sarang kenari. Memang terdengar janggal bila kertas masuk katagori bahan sarang. Tetapi memang terbukti bahwa kertas juga efektif untuk sarang burung kenari.
                Kertas bisa menjadi pilihan karena sifatnya yang lentur, fleksibel, ringan dan hangat jika digunakan untuk sarang. Ada beberapa kertas yang bisa menjadi pilihan untuk sarang kenari. Yaitu kertas tisyu, kertas koran, kertas buram dan beberapa jenis kertas yang lembut.

2. Rumput kering
                                Rumput kering bisa menjadi pilihan sebagai bahan sarang kenari. Bahan ini selain mudah didapat di sekitar kita, tentu tanpa mengeluarkan biaya.  Pilih rumput yang lembut, bersih dan kering. Adapun jenis rumput kering yang bisa digunakan adalah alang-alang, rumput gajah, bisa juga rumput teki, dan lain-lainnya.

3. Kapas 
6 Media Sarang Yang Tepat Untuk Burung Kenari
media sarang kenari dari kapas

                Kapas juga termasuk bahan yang memiliki sifat hangat dan lembut. Ada  penangkar kenari yang menambahkan kapas pada sarang bagian agar kenari nyaman dan hangat. Selain itu, kapas juga berfungsi menyerap kotoran anakan. Tentu harus ekstra rajin  mengganti kapas yang kotor dengan mengganti  kapas yang baru. Kapas juga sangat tepat untuk sarang kenari saat cuaca dingin atau saat musim hujan.

             4.Karung goni
                Karung goni yang biasanya dipakai sebagai wadah bahan-bahan pangan seperti jagung, beras, dan lainnya. Bahan ini bisa juga digunakan sebagai bahan sarang kenari. Caranya mudah, yaitu dengan mengammbil serat-seratnya,   mencucinya hingga bersih, kemudian menjemurnya sampai  kering. Setelah itu serat-serat goni bisa ditaruh di sarang atau di lantai sangkar. Dengan menaruh di lantai sangkar maka indukan kenari akan mengambilnya.
5. Daun cemara
                Daun cemara bisa juga juga dimanfaatkan sebagai sarang kenari, ini tidak perlu biaya. Cukup dengan mencari di sekitar kita di daerah pegunungan bahan ini mudah didapatkan. Di alam liar, burung-burung termasuk burung kenari sarangnya huga terbuat dari daun cemara. Sifatnya yang lentur dan hangat cocok dijadikan bahan sarang k kenari.

6. Serat nanas 
6 Media Sarang Yang Tepat Untuk Burung Kenari
serat nanas media sarang kenari


                Serat nanas ini sangat diminati para peternak untuk sarang kenari. Karalteristiknya kuat namun lentir cukup mudah didapatkan. Bahan ini banyak terdapat di pasar atau penjual sarana burung terdekat. Perlu diperhatikan karena kelenturnya bisa menjerat kaki kenari.
               Untuk tipsnya amannya  bisa dengan cara memotong-motong serat nanas.  Potonglah dengan kepanjangan rata-rata 5 cm sebelum digunakan. Dengan dipotong maka akan terhindar dari serat yang membelit kaki kenari. Agar tetap aman maka anda juga harus rajin memeriksa kondisi burung dan sarang.

                Nah, dengan media sarang tersebut bisa dipilih mana yang paling efesien dan efektif untuk sarang kenari kesayangan anda. Dengan pemilihan sarang yang tepat maka burung kenari betina akan membangun sarangnya. Biasanya kenari akan mengambil bahan sarang apabila sudah siap kawin dan bertelur.

                Demikianlah ulasan kali ini tentang media sarang atau bahan yang bagus untuk sarang burung kenari. Semoga bisa menjadi pilihan buat sobat kenari mania di mana-mana. Dan lebih meningkatkan produltifitas dan kualitas kenari di tanah air.
Blogger
Disqus

No comments