Manfaat Daun Salam Untuk Burung Kenari


Manfaat Daun Salam Untuk Burung Kenari. Siapa yang tak mengentahui daun yang beraroma khas? Daun salam populer di kalangan ibu-ibu yang suka memasak. Rupanya selain pas untuk masakan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kuaitas burung kenari. Karena selain menambah lezat masakan juga mengandung zat yang sangat baik untuk burung kenari.
     Salam  adalah jenis daun dari tanaman keras yang banyak terdapat kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk jenis burung. Daun salam banyak dijual di pasar sering digunakan sebagai bumbu tambahan pada masakan. Kandungan dalam daun ini menjadi penyedap dan penambah aroma alami untuk masakan. Menambah komposisi daun salam menjadikan masakan akan terasa lebih mantap aromanya tentu akan semakin lezat. 
burung kenari
Baca juga :

    Daun salam dengan nama latin Syzygium polyanthum adalah tanaman  dengan ukuran batang sedang dengan ketinggian hingga 30 meter. Tanaman keras ini biasa tumbuh  liar tetapi seiring kebutuhan, tanaman daun salam ini banyak dibudidayakan.  Sebelum mengetahui apa manfaat daun salam untuk burung kenari  maka perlu kita trengok sekilas mengenai deskripsi pohon daun salam.
  • Daun
Bentuk daun salam sedikit kaku pada tulang daunnya menyirip. Pada tepi daunnya berbentuk rata. Yang menjadi karakter khas adalah aromanya yang wangi. Ini pas banget sebagai bumbu  penyedap masakan.
  • Batang
Batang pohon daun salam ini dengan karakter bercabang tumbuhnya tegak lurus menjulang ke atas. Batangnya kayu keras dan kuat. Kulit batang dengan warna khas coklat keabu-abuan dan sering mengelupas atau bersisik.
daun salam@nakita.id

Kandungan senyawa pada daun salam
Yang terpenting diketahui selain manfaat daun salam juga senyawa yang terkandung di dalamnya. Yang sudah jamak diketahui manfaat dan kandungan daun salam  sebagai bumbu atau penambah aroma dan kelezatan makanan. Tetapi daun salam juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan pengobatan pada burung kenari. Kandungan kimiawi yang terdapat pada daun salam antara lain adalah:
  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Asam laurat
  • Vitamin

Manfaat tersembunyi dari daun salam
Daun salam telah dipercaya sejak dulu untuk pengharum masakan. Selain manfaat utama tersebut, manfaat daun salam yang lainnya juga untuk pengobatan dengan menggunakan resep tertentu.
  • Mengobati serak

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih. Setelah dingin airnya bisa diberikan kepada burung kenari yang serak degan dosis terukur. Ini bisa mengurangi serak yang diderita burung kenari Anda.
  • Menghilangkan kutu

Bila bulu burung kenari Anda nampak berkutu maka daun salam bisa membantu mengatasinya. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam ke dalam dua gelas. Didihkan, setelah dingin kemudian saring air dan disiramkan atau semprotkan ke burung kenari yang kutuan. Biarkan selama beberapa saat baru setelah itu bisa dibilas atau semprot dengan air bersih.
     Inilah manfaat daun salam untuk burung kenari Anda yang sangat  luar biasa. Setelah mengetahui semoga  Anda bisa manfaatkan untuk mengobati dan menjaga stamina si burung kenari kesayangan.

Blogger
Disqus

No comments