Makanan Yang Baik Untuk Burung Kenari Biar Tetap Vit

Makanan yang baik untuk burung kenari agar tetap vit dan terjaga kesehatannya. Burung kenari kesayangan tentu perlu makanan dan perawatan yang maksimal agar bisa tampil mengesankan. Penampilan burung kenari selain dari suara kicauannya juga dari penampilan postur dan bulunya. Kenari yang dalam keadaan dan kondisi vit maka akan  sanggup berkicau dengan maksimal dan dengan gaya yang mengesankan. Makanan yang baik  tentu akan menjadikan burung kenari vit dan sehat.

Makanan Yang Baik Untuk Burung Kenari @kompasiana.com

JANGAN LEWATKAN!

Baca juga : Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya Yang Lovebird Mania Harus Tahu

Ada beberapa makanan untuk burung kenari biar gacor dan sehat. Makanan utama burung berparuh mungil ini meliputi bijian, buah-buahan, sayuran dan beberapa pakan sumber protein hewani. Sebagai makanan utama burung kenari adalah bijian yaitu biji kenari sheet. Sedangkan bahan makanan lainnya adalah sebagai makanan tambahan atau ekstra food atau pakan tambahan untuk burung kenari.

Bagi penggemar burung kenari tentu tidak sulit untuk mencari pakan burung kenari. Karena sudah tersedia di mana-mana, toko pakan dan warung paka ternak pasti menyediakan semua kebutuhan pakan bueung peliharaan. Hargayapun pasti sangat terjangkau. Ada banyak pilihan sesuai kualitas dan harga pakan burung kenari. Semakin mahal maka cenderun semakin tinggi kualitasnya. Selain pakan kemasan dari berbagai produsen pakan burung juga tersedia bijian mix.

Pakan kemasan untuk burung kenari biasanya berupa campuran beberapa bijian. Biasanya disebut dengan bijian mix berupa campuran beberapa bijian sebagai pakan yang digemari burung kenari dengan komposisi terdiri dari:

  • Kenari sheet
  • Milet putih
  • Milet merah
  • Biji sawi
  • Jewawut
  • Niger hitam.
Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi burung kenari akan lebih baik apabila diberikan pakan ekstra atau extra fooding. Pakan tambahan ini berupa beberapa bahan pangan yang mengandung serat dan protein yang dibutuhkan untuk satmina dan kesehatan si burung. Adpun paka tambahan meliputi beberapa bahan pangan yaitu:

  • Buah-buahan, seperti apel merah
  • Sayur-sayuran, seperti sawi hijau, selada
  • Kroto 
  • Telur puyuh
  • Daun mengkudu.
Sebelum ditutup tulisan ini ada sedikit tips untuk meramu makanan burung kenari. Yaitu dengan meramu sendiri pakan kenari menggunakan bahan-bahan pakan seperti tersebut diatas. Tenti selain hemat juga tak kalahh berkasiatnya dibanding pakan lkemasan yang mahal. Mudah saja yaitu dengan memberikan sari rempah berupa air jahe ke dalam campuran beberapa bijian pakan tersebut.

Demikin sedikit mengenai makanan yang baik untuk burung kenari biat tetap vit dan sehat. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Blogger
Disqus

No comments