Ciri-ciri Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap

 Kenari Gloster – Ciri Ciri, Perawatan dan Penjelasan Lengkap – Kenari Gloster atau nama lainnya Gloster Fancy Canary merupakan jenis kenari yang cocok diternak karena memiliki karakter fisik yang kuat, lincah, gacor dan cukup mudah dikembangbiakkan. Kenari Gloster yang bahasa latinnya Serinus canaria domesticus  selain keunggulan fisik berupa postur gembul dan berjambul namun tetap saja memiliki suara yang indah. Kicauannya terbilang bagus meski tidak mampu bernyanyi sekeras dan sebagus jenis “Song Canary”. Karena ini tergolong “Type Canary” atau varietas jenis, kenari Gloster diternak demi mendapatkan tampilan fisik yang unik dibanding warna maupun suaranya. 
Ciri-ciri  Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap

 Kenari Gloster Corona


Ciri Ciri Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap

  • Kenari Gloster memiliki dua jenis. Jenis yang kepalanya berjambul dan satu lagi jenis kepala polos. Jenis dengan kepala jambul dikenal dengan sebutan “Corona”,
  • Jenis dengan kepala polos atau  halus dikenal dengan sebutan “Consort”.

 Selain dari bentuk kepalanya, secara garis besar keduanya memiliki ciri-ciri postur yang sama. Harus diakui jenis “Corona” lebih menarik karena berjambul atau kristed. Antara kedua jenis Gloster ini memiliki peran penting dalam penyebaran kenari jenis baru saat itu.
 Kenari Gloster termasuk jenis kenari yang tidak terlalu tua, karena baru mulai diternak pada tahun 1920-an di negara Inggris. Kenari buntek ini merupakan hasil dari berbagai upaya untuk mengembangkan burung berjambul, dengan ukuran yang lebih kecil. Rogerson di Inggris pernah mencoba melakukan persilangan antara  Roller Canary dengan Border Canary. Sedangkan John McLay asal Skotlandia, mencoba menyilangkan antara Small Crested Canary dengan small Border Canary.
 Pada saat pameran yang di Crystal Palace pada tahun 1925, A.W. Smith mengakui bahwa kenari yang dikembangkan oleh Rogerson sebagai verietas atau jenis kenari yang baru, unik dan berbeda. Smith juga yang mendorong pengembangan Gloster Canary dengan mencampur tiga jenis kenari yang berbeda. 
Ciri-ciri  Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap
Kenari Gloster Consort


Ciri Ciri Kenari Gloster

  • Kenari Gloster adalah jenis burung kenari berukuran sedang
  • Posturnya pendek gemuk dengan ukuran tubuh kurang lebih 4,5 inchi (11,5 cm).
  • Jenis kepala jambul melingkar rapi dan mengelilingi kepala mereka.


Pola bulu pada kenari gloster ini bisa muncul hampir pada semua warna bulu. Varietas yang paling populer dari jenis Kenari Gloster adalah warna kuning,  hijau, nomd, putih salju dan coklat dan lain-lain. Hanya corak bulu berwarna merahyang tidak muncul pada  Kenari Gloster.


Perawatan dan Pakan kenari gloster

 Seperti pada umumnya burung kenari, kenari import yang posturnya gembul ini karakternya  lebih suka aktif di ruang yang luas. Gerakannya menggemaskan karena ukurannya tergolong gendut  lebih besar dari kenari lokal. Maka  ukuran kandangnya pun harus ekstra lebih besar dari sangkar kenari-kenari biasa.
 Makanan utama burung kenari Gloster adalah berupa bijian seperti canary seed dan rape seed yang merupakan bijian import. Selain itu, perlu diberikan pakan tambahan atau ekstra fooding berupa sayur-sayuran hijau, buah apel merah, telur puyuh  dan selingi dengan pemberian tulang sotong. Kenari  ini juga punya kebiasaan mandi, jadi perlu disiapkan tempat air untuk mandi. Bersihkan secara rutin sangkar dan lingkungannya, penting juga untuk memotong kuku kenari yang tumbuh jika sudah panjang.

Perjodohan dan Perkawinan kenari gloster

 Gloster Fancy Canary atau kenari gloster seperti jenis kenari yang lain relatif mudah berkembang biak. Syaratnya dengan perawatan rutin yang baik, pakan berkualitas, sinar yang cukup, serta lingkungan yang nyaman. Dalam prosesnya, memelihara kenari import Gloster ini tidak jauh berbeda dengan burung kenari lain. Dalam penangkaran sebaiknya menggunakan Gloster Fancy Canary murni baik jenis Corona atau Consort. Proses perkembangbiakan kenari Gloster ini cukup optimal, pada umumnya kenari betina akan menghasilkan antara  3 - 6 telur.
 Burung kenari akan tumbuh sehat jika dipelihara di lingkungan yang bersih dan sehat serta rawatan yang baik termasuk pemberian pakan yang berkualitas. Janganlah menempatkan sangkar kenari di tempat yang lembab, dingin, serta berangin kencang. Satu masalah yang kadang mnyerang pada Kenari Gloster adalah benjolan di tubuh. Ini terjadi karena pertumbuhan bulu yang tidak normal, bulu tumbuh ke dalam kulit karena bulu baru tersebut tidak mampu menembus kulit.
 Nah, itulah bahasan tentang Ciri Ciri, Perawatan Kenari Gloster atau dalam bahasa latin Gloster Fancy Canary. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca dan kenari mania di mana-mana.
 Salam kenarimania!


Blogger
Disqus

No comments