Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Produktivitas Maksimal


Kandang ternak kenari - Kandang ternak atau penangkaran kenari menjadi salah satu faktor penting untuk memulai beternak kenari. Kandang kenari dibuat dari berbagai bahan yang  sederhana seperti kayu, triplek, bambu maupun kawat ayam. Tentu  saja bahan-bahan kandang ini dapat diperoleh dengan mudah dan murah atau bisa juga dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas. 
Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Produktivitas Maksimal
kandang ternak kenari

Jenis dan ukuran kandang ternak kenari

1. Kandang sistem baterai

 Pada kandang kenari sistem baterai ini pas jika digunakan untuk menangkarkan kenari dengan skala besar. Model kandang yang satu ini dapat lebih efisien baik dari  tempat maupun biaya jika dibandingkan bila membuat kandang tunggal. Perhitingannya dengan kandang tunggal sama sama saja dengan membeli sangkar burung dalam jumlah banyak.
 Tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya, antara lain kandang ini memerlukan tempat khusus, pengawasan intensif, dan penggunaannya sedikit lebih repot. Gambaranya adalah seperti ini, pertama kenari dijodohkan dalam satu sangkar khusus, setelah itu kemudian dipindahkan ke kandang baterai bila kenari sudah jodoh dan siap kawin.

2. Kandang Tunggal

 Sebenarnya tidak ada standar khusus tentang  bentuk kandang penangkaran kenari. Tetapi bentuk persegi empat adalah yang dianggap paling pas. Dengan ukuran sedang dan tidak terlalu besar, tentu juga tidak terlalu kecil. Tujuannya dimaksudkan agar ruang gerak burung leluasa, nyaman dan aman terlindungi di dalamnya. Penempatan kandang sebaiknya di lingkungan yang bebas sehingga memudahkan  apabila akan dipindah-pindah. Misalnya, dengan menempatkan pada rak khusus pada ruangan yang  terbatas.
 Ukuran kandang tunggal dengan kisaran panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan dengan tinggi 40 cm. Rangkanya bisa dibuat dari reng kayu yang kuat. Pada sisi kanan, kiri, belakang dan atas ditutup dengan triplek. Sedangkan pada sisi depan, dasar, dan terbuat dari anyaman bambu atau bisa juga dengan kawat ayam.  

Kelengkapan kandang ternak kenari

1. Tenggeran

 Tenggeran burung kenari atau plangkringan sebaiknya dari kayu yang sedikit lunak, misalnya :
  • Ranting kayu randu
  • Ranting petai china
  • Ranting akasia
  • Cabang jambu air.

 Sebaiknya sebelum digunakan kulit luarnya bisa dikupas dan dibuang kemudian dijemur untuk menghindari tumbuhnya jamur. Sesuaikan diameter kayu tenggeran dengan cengkeraman kaki burung, sekitar 1 hingga 1,5 cm.
 Jumlah tenggeran dalam sangkar penangkaran sebaiknya jangan terlalu banyak.  Maksudnya agar ruang gerak kenari di dalam sangkar lebih leluasa. Usahakan salah satu tenggeran berada  lebih dekat ke jeruji, tujuannya agar burung mudah menjangkau tempat pakan yang digantung. Gantungan pakan seperti sayuran, buah atau  tulang sotong.

2. Tempat bertelur

Media sarang sebagai tempat untuk bertelur bisa dari bermacam-macam bahan. Apabila ingin praktis,  bisa langsung membeli saja di toko burung. Ada banyak pilihan bahan, baik yang terbuat dari batok kelapa, anyaman rotan, dan lain sebagainya. Harganya juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp.2500,- hingga Rp. 5.000,-  saja.

3. Bahan sarang

Penggunaan media atau  bahan sarang, bisa bahan sarang dari serat nanas, serabutan karung gon atau bila darurat bisa menggunakan sobekan kertas koran. Kesemua bahan sarang tersebut menghasilkan efek hangat yang dibutuhkan burung saaat mengerami telurnya. Bahan-bahan tersebut juga banyak tersedia di toko burung.
Tips agar aman dan nyaman, maka usahakan bahan sarang sebelum digunakan dipotong terlebik dahulu. Potong-potong rapi rapi dengan ukuran antara 3 sampai 5 cm. Tujuannya adalah untuk kenyamanan dan pastinya keamanan si burung saat berada di sarang agar tidak terjerat oleh bahan sarang tersebut.

4. Lampu atau penerangan

 Di dalam kandang atau sangkar penangkaran kenari dianjurkan untuk dipasang lampu penerangan. Selain lampu berfungsi untuk  penerangan  juga sebagai penghangat suhu kandang. Lampu yang dipasang cukup yang berkapasitas 5 watt saja, dan penempatannya tidak dekat dengan sarang maupun tenggeran. Lampu penerangan ini dinyalakan pada malam hari atau pada saat cuaca dingin seperti saat hujan.
 Lampu  penerangan pada malam hari selain menjadi penghangat juga akan memberi rasa aman. Dengan penerangan di malam hari mungkin saja ada juga burung yang mau kawin bila kandang selalu terang. Selain itu  juga sangat bermanfaat saat telur sudah menetas. Seperti adanya resiko anakan terinjak iduknya dapat dikurangi.  Kejadian kematian anakan karena terinjak induk sering terjadi, salah satunya akibat gerakan mendadak induk karena kaget di kegelapan.
 Inilah bahasan sederhana tentang kandang ternak kenari. Beberapa hal telah diutarakan dalam artikel ini. Mulai dari bahan, ukuran, kelengkapan  hingga penempatan sangkarnya. Tentu hal ini bukanlah standar pasti, karena masih ada banyak cara atau berdasar pengalaman lain berkenaan dengan sangkar ternak kenari. Bisa dipilih yang paling sesuai dengan situasi, kondisi dan keadaan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi kemajuan dunia kenari di tanah air.
Salam kenarimania!

Blogger
Disqus

No comments