Setingan lovebird fighter Cara Dolob BC

Setingan lovebird fighter - Karakter dasar burung lovebird adalah sebagai burung fighter. Artinya lovebird pada dasarnya adalah burung petarung. Coba saja, dekatkan burung lovebird yang se-level pasti akan terlihat saling serang dan agresif. Demikian juga saat di gantangan, masing-masing akan saling serang dengan cara berkicau atau ngekek. Burung lovebird yang bermental fighter pasti tak mau kalah jika lovebird lain ngekek. Nah, di situlah serunya sebuah perhelatan lomba burung lovebird fighter.
    Untuk mendapatkan performa maksimal maka setingan lovebird fighter menjadi kunci paling penting disamping faktor lain. Sedangkan faktor lain seperti keturunan dan rawatan hariannya juga harus diperhatikan. Burung yang memiliki darah juara ada kemungkinan menjadi burung juara. Dengan catatan bisa mengkondisikan burung sejak awal. Sebaliknya jika burung keturunan fighter namun tidak ditangani dengan tepat maka tidak akan menjadi burung lovebird yang fighter.

Setingan lovebird fighter Cara Dolob BC

Baca juga : Kangkung Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi 
                   
                   9 Cara Cerdas Memilih Bahan Lovebird Prospek 

Ciri-ciri fisik burung lovebird fighter

     Burung lovebird dari trah fighter cenderung memiliki sifat-sifat yang sama dengan induknya. Dari kecil sudah terlihat karakternya. Mereka yang sudah lama bergelut dengan lovebird pasti bisa memilih lovebird mana yang berkualitas dan mana yang tidak. Ciri fisik burung lovebird fighter antara lain dapat terlihat dari :
  1. Warna hijau ada kecenderungan juara. Lihat saja di gantangan selalu didominasi lovebird hijau.
  2. Sayap calon burung juara terlihat menyilang dan menekuk ke atas pada ujungnya.
  3. Ekor lovebird fighter juara terlihat menekuk lurus ke bawah sejajar kaki.
Namun bagi yang tidak faham benar dengan lovebird, jangan spekulasi untuk menentukan mana lovebird yang baik dari satu sarang. Ada tips dari mas Herdy dari Dolob BC. Caranya adalah ambil semua anakan yang ada. Selanjutnya rawat anak-anak tersebut dengan pola rawatan khusus. Nah, setelah mulai berumur maka akan nampak mana burung lovebird yang benar-benar fighter.

Setingan lovebird fighter Dolob BC

Setingan lovebird fighter Cara 'Dolob BC'

    Setingan untuk lovebird disesuaikan dengan kondisi burung itu sendiri. Sebagaimana yang dituturkan oleh Mas Herdy kepada Admin belum lama ini bahwa setingan harus dibedakan antara satu burung dengan yang lainnya. Tentu saja setelan untuk burung fighter atau burung lapangan berbeda dengan lovebird untul. Pada burung lapangan perlu penanganan yang lebih cermat. Adapun yang harus dilakukan pada setingan burung fighter adalah:
  • Pemberian pakan harian berupa milet putih dimix dengan kenari seed. Dengan komposisi 80% milet putih, 20% kenari seed.
  • Pakan menjelang lomba diberikan komposisi milet putih, milet merah dan kenari seed. Dengan campuran 80% milet putih dan 20% terdiri dari kenari seed dan milet merah.
  • Sedangkan untuk jemur dilakukan seperlunya saja. Waktu yang tepat adalah jam 7 hingga jam 9 saja.
  • Untuk burung lapangan usahakan dijauhkan dari burung lovebird yang lain saat di rumah. Ini untuk menghindari burung kehilangan tenaga saat digantang. Karena burung lovebird petarung akan fight jika melihat burung lovebird lain.
Dari beberapa ciri dan cara rawatannya setidaknya bisa jadi bahan untuk memilih lovebird juara. Namun tentu ada banyak faktor yang menentukan kualitas lovebird selanjutnya. Karena bisa saja hanya karena tidak menemukan setingan yang pas sehingga burung menjadi loyo. Semoga dengan cara setingan seperti yang biasa dilakukan oleh mas Herdy Dolob BC bisa mengantarkan lovebird anda menjadi juara.
Blogger
Disqus

No comments