Kangkung Makanan Lovebird Biar Cepat Birahi

       Manfaat Kangkung untuk makanan lovebird - Sayuran yang paling disuka burung lovebird ini terkenal dengan nama latin Ipomoea sp. Selama ini kangkung dipercaya sebagai extra fooding atau makanan tambahan yang biasa diberikan kepada lovebird. Untuk burung lapangan atau burung lomba pada 1 jam sebelum tampil di gantangan burung lovebird biasanya diberi pakan berupa kangkung. Bukan itu saja tetapi pada  penangkaran pun diberikan tambahan pakan lovebird dengan kangkung sebagai cara menaikan birahi lovebird.
     Beberapa pemain lovebird mempunyai cara meningkatkan birahi lovebird agar cepat kawin. Pada pasangan induk yang rutin diberi kangkung cenderung memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Sedangkan indukan yang jarang diberi pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) berupa sayuran tersebut menjadi kurang produktif.
Manfaat Kangkung untuk lovebird
lovebird makan kangkung
Baca juga : Lovebird Biola Warna Unik Harga Selangit

           Kangkung adalah makanan perangsang birahi lovebird. Sayuran ini sangat populer dan banyak dikonsumsi di tanah air. Sangat banyak penggemar untuk sayuran baik dijadikan tumis atau cah kangkung. Rupany kangkung punya manfaat besar untuk dunia lovebird karena menjadi pakan tambahan yang sangat dibutuhkan. Untuk mengenal tanaman ini dapat sekilas dijelaskan bahwa  kangkung terdapat  dua jenis, yaitu:
1.       Kangkung darat
              Kangkung darat karena tumbuh dan berkembang di darat, diasanya di area kerkebunan                        atau ladang.   Ada banyak spesies untuk kangkung darat.
2.       Kangkung Air
 Kangkung air adalah yang tumbuh di air atau disebut kangkung air. Biasa timbuh liar dan  juga banyak dibudidayakan di area persawahan atau rawa-rawa.

Kangkung sayur  terbaik untuk makanan lovebird


     Sebagai pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) untuk lovebird  pilihlah kangkung darat karena relatif lebih higienis. Ciri kangkung darat warna batangnya tidak terlalu hijau, atau agak putih kehijauan. Pilihlah kangkung darat yang masih segar dan belum terlalu tua. Caranya untuk mengetahui kangkung muda atau tua adalah dengan meremas batangnya, apabila keras itu menandakan kangkung sudah tua.          
   Pilihlah kangkung muda dengan mencari kangkung dengan batang yang masih lunak. Bagian yang bisa dikonsumsi lovebird sebaiknya daun saja, meskipun lovebird juga doyan batang kangkung. Tetapi sebaiknya dihindari agar lovebird tidak makan terlalu banyak batangkangkung karena kadar airnya yang terlalu tinggi pada batang kangkung.
     Sayur kangkung harus  dicuci bersih sebelum diberikan kepada burung. Kangkung diberikan secukupnya saja. Usahakan jangan memberikan kangkung terlalu banyak, karena selain akan mengotori kandang juga akanm mengalami pembusukan jika tidak habis dimakan. Jika ada sayurn yang busuk ini akan kurang baik bagi kesehatan lovebird.
Manfaat Kangkung untuk lovebird
lovebird kangkung
Baca juga : 5 Makanan Burung Lovebird Yang Paling Disukai

Manfaat kangkung dalam penangkaran lovebird

     Kangkung adalah  sayuran mengandung banyak  gizi. Bahkan apabila dibandingkan dengan beberapa jenis sayuran lain, kangkung memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap. Komposisi gizi pada kangkung yang nyaris sempurna. Kangkung mampu meningkatkan stamina dan  birahi lovebird karena kandungan gizinya yang lengkap.
         Pemberian pakan tambahan berupa kangkung akan meningkatkan birahi tetapi  tetap terkendali, tidak sampai menjadi over birahi (OB). Salain memilikikandungan gizi lengkap juga karena kangkung memiliki sifat sejuk . Ketika dimakan oleh burung maka sifat sejuknya  akan terus dibawanya sampai ke organ dalam pada meridian usus dan lambungnya. Itulah alasan mengapa para  pelomba lovebird akan memberikan kangkung sekitar 1 jam sebelum lovebird digantang.
        Kangkung juga memiliki kandungan  zat-zat yang dibutuhkan oleh burung lovebird, seperti:

1.       Vitamin C

Terdapat kandungan vitamin C paling tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lain, yaitu 120 mg pada setiap 100 gram kangkung.
Fungsi vitamin C antara lain:
Anti oksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit . Burung lovebird  perlu  vitamin C untuk kesembuhan dari penyakit juga daya tahan tubuh.

2.       vitamin K

Kandungan vitamin K pada sayuran  kangkung juga jauh melebihii jenis sayuran lain.
Vitamin K  memiliki aneka manfaat bagi lovebird, antara lain :
Membantu  proses pembekuan darah juga  menguatkan tulang.

3.     Vitamin B3 (Niasin)

Terdapat kandungan Vitamin B3 yang paling tinggi, yaitu 1 mg pada setiap  100 gram kangkung.
             Manfaat  vitamin B3 untuk lovebird adalah untuk membantu  metabolisme karbohidrat.                      Metabolisme karbohidrat penting karena bisa mengkonversi bahan makanan menjadi energi                dan tenaga.  Relevansinya pada stamina lovebird lomba maupun lovebird dalam                                    penangkaran menjadi lebih baik jika rutin diberi kangkung.

            Inilah sekilas mengenai manfaat kangkung untuk makanan lovebird. Karena kandungan manfaatnya yang besar, diusahakan rutin memberi pakan tambahan kangkung. Dengan komposisi dan variasi makanan yang seimbang antara bijian dengan sayuran kangkung akan menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan dalam breeding lovebird.
Blogger
Disqus

No comments