Tangkringan Khusus Lovebird Agar Tidak Nebok Saat Lomba

Tangkringan khusus Lovebird – Persiapan yang harus dilakukan agar lovebird ngekek tetap nagen di tangkringan tidak nebok adalah dengan menyiapkan tangkringan yang pas dan khusus untuk lovebird. Pada kelas lovebird di even lomba kicau pasti ada aturan untuk mengatur jalannya lomba. Peraturan ini sebagai dasar atau standar bagi pelaksaan setiap even lomba. Salah satu aturannya yaitu tidak menilai atau mengurangi nilai pada penampilan burung yang turun tangkringan/nebok. 
Tangkringan Khusus Lovebird Agar Tidak Turun Saat Lomba
Tangkringan Khusus Lovebird Agar Tidak Turun Saat Lomba
   
   Alangkah baiknya apabila para kicau mania baik yang suka gantang maupun mereka yang sekedar memelihara LB sebagai penghias teras rumah perlu mempersiapkan setingan tangkringan lovebird. Tujuannya utamanya adalah amebuat nyaman burung di tangkringan dalam sangkarnya dan burung lovebird menjadi anteng saat berkicau di tenggeran.
   Nah, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih tangkringan lovebird agar lovebird tidak turun ke bawah sangkat saat lomba. Selain turun tangkringan,  ngeruji dan masalah serius yang biasanya menjangkiti lovebird adalah gesek tangkringan atau gestang.

Tangkringan Khusus Lovebird

Tangkringan sepertinya hal sepele yang kadang luput dari perhatian para penyuka burung. Padahal tangkringan atau tenggeran sebagai salah satu persoalan vital perlovebirdan di mana-mana. Intinya adalah harus ada perhatian khusus pada tangkringan lovebird. Perhatian yang jarus serius dilasanakan adalah pemilihan tangkringan untuk lovebird Anda. Di sina ada beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan, yaitu:

tangkringan khusus lovebird
Bahan Tangkringan


   Ada beberapa material atau bahan tangkringan lovebird yang sering kita jumpai, mulai dari tangkringan bawaan sangkar model kapsul berbahan plastik, tangkringan dari kayu asem, model tangringan amplas, tangkringan cetak dll.
   Bahan tangkringan sebaiknya kita melihat dari kebiasaan dan karakter lovebird. Caranya dengan mengamati kebiasaan sehari-hari lovebird Anda. Perhatikan mana yang paling nyaman diantara  tangkringan yang ada dan yang berbahan apa. Cobalah dengan eksperimen pasang satu persatu dan lihat mana yang membuat nyaman dan lebih anteng saat bertengger.

Diameter Tangkringan


 Lingkar atau diameter tangkringan sebaiknya disesuaikan dengan ukuran cengkeraman kaki lovebird Anda. Pilih jangan yang terlalu kecil dan tidak terlalu besar, cari yang pas-pas aja. Ukuran tangkringan yang pas adalah sedikit lebih besar dari cenjeraman kaki lovebird, jadi saat bertengger ujung jari lovebird tidak saling bersentuhan.

Posisi Tangkringan

   Posisi tangkringan juga berpengaruh pada anteng atau tidaknya lovebird di tangkringan. Posisi tangkringan yang biasa diterapkan para pemain lovebird adalah model nyilang antara dua tangkringan yang di atas dan tangkringan yang di bawah. Dengan memasang tangkringan atas pada posisi yang paling disukai. Sedangkan tangkringan yang di bawah dipasang tangkringan yang tidak nyaman bagi LB tersebut, ini tujuannya agar burung lebih banyak berada di tangkringan atas dan turun.
   Nah,  dari hasil percobaan ini, rata-rata tangkringan khusus lovebird yang paling disukai adalah tangkringan kayu amplas (berbahan kayu dilumuri butiran pasir/ amplas) selain itu juga suka kayu asem. Tentu saja ini ukan ilmu pasti, karena tiap burung punya karakter dan kebiasaan yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga mengispirasi dunia lovebird tanah air.
SALAM LOVEBIRD MANIA!




Blogger
Disqus

No comments