4 Cara Membuat Lovebird Ngekek Aktif Yang Mudah Dipraktekkan

4 Cara Membuat Lovebird Ngekek Aktif - Penggemar burung lovebird semakin bertambah banyak saja, termasuk Anda salah satunya. Burung LB menjadi semakin populer di mana-mana. Yang semakin terlihat adalah di gantangan burung berkicau, baik latber maupun lomba selalu dipenuhi oleh kelas lovebird hingga sukses full gantangan. Banyak kompetisi LB, maka di sini perlu cara untuk  membuat burung lovebird ngekek aktif. 
   Burung lovebird ngekek aktif menjadi daya tarik tersendiri di kalangan kicaumania. Sepertinya semua penggemar burung juga tertarik memelihara burung berparuh bengkok ini. Trend tersebut sebagai bukti nyata bahwa burung lovebird banyak disuka dan dicari. Disamping itu ada hal mendasar yang berkaitan dengan Lovebird adalah tentang pola perawatannya yang sederhana. Burung yang dijuluki burung cinta ini tidak termasuk burung manja. Sehingga tidak memerlukan penanganan yang sangat serius dan njlimet. Pada burung lovebird lomba memang memerlukan sedikit ekstra perawatan agar performanya tetap terjaga. 

4 Cara Membuat Lovebird Ngekek Aktif
 Lovebird Ngekek Aktif 


   Antusiasme memelihara burung ini meningkat secara signifikan. Dilihat secara ekonomi ini tentu menjadi catatan positif, karena banyak sektor yang tersentuh khususnya di bidang perdagangan. Ada banyak hal tersentuh oleh perkembangan dunia lovebird. Dari penjual, peternak dan sektor pendukung lainnya seperti penjual pakan dan kelengkapan burung pasti ikut terangkat. 
   Sebagai sedikit gambaran saja bahwa pada kelas-kelas lovebird di setiap even selalu full gantangan. Burung juara adalah yang meiliki kriteria diatas rata-rata kontestan lainnya. Salah satunya adalah burung lovebird dengan durasi ngkek aktif dan panjang.Tentu saja kriteria ini hanya dimiliki oleh burung yang benar-benar berkelas, biasanya dari keturunan lovebird juara. 
   Ini menjadikan motivasi bagi para peternak LB di tanah air untuk terus meningkatkan kualitas ternakannya. Yang dilakukan adalah dengan mendatangkan indukan-indukan dari trah juara. Silsilah ini biasanya menjadi daya tarik dan laris di pasaran. Karena garis keturunan juara biasanya menurunkan anakan lovebird juara juga.

lovebird betina ngleper
lovebird betina ngleper 

4 Cara Mudah Membuat Lovebird Ngekek Aktif

   Kembali pada bahasan awal, yaitu tentang cara membuat lovebird ngekek aktif. Setidaknya ada 4 hal mendasar yang harus dijalkan. Keempat pola perawatan tersebut mudah dilakukan dan tidak memerlukan sarana dan prasarana yang mahal. 4 Cara membuat lovebird ngekek aktif tersebut adalah:

  1. Pengembunan 
   Pengembunan dapat dilulai saat fajar menyingsing sekitar pukul 04.00 atau 05.00 pagi. Proses alamiah ini sangat disukai burung. Burung akan semakin segar dan fress setelah semalaman di dalam ruangan.
   Pada pagi hari udara masing sangat segar dan bebas polusi. Pada saat itu burung juga mulai berbunyi Ada beberapa jenis burung yang mulai mau bunyi ngeplong saat pagi hari.

     2Mandi Malam

   Terapi mandi malam sangat tepat dilakukan untuk mengontrol birahi burung loveboord. Pada jenis lovebird bila terlihat mulai ngleper pada betina atau mengawini tangkringan pada jantan. Ini tandanya Over Birahi atau OB, bisa mulai dilakukan terapi mandi malam.

lovebird ngleper OB
lovebird betina OB ngleper

     3. Kandang Umbaran

   Sangkar umbaran adalah sangkar yang berukuran cukup besar. Ini bermanfaat untuk melatih stamina burung. Selain itu bermanfaat juga untuk mengurangi lemak pada burung, karena burung akan aktif bergerak. 


     4. Pemberian Pakan Berkualitas.

Setelah melakukan berapa tahapan pola rawatan tersebut, selanjutnya tinggal  tentang pola makannya. Pada intinya burung memerlukan nutrisi untuk tetap vit dan sehat. Beberapa produsen pakan telah berhasil meramu pakan dengan racikan yang tepat untuk kebutuhan burung sehat dan aktif berkicau.

   Sahabat kicau di mana-mana bisa menerapkan pola rawatan tersebut agar lovebird mau ngekek aktif dan panjang. Pola tersebut sudah banyak dibuktikan oleh benyak pakar burung. Dengan cara rutin, sabar dan telaten semoga akan berdampak positif bagi lovebird kesayangan Anda.  


Blogger
Disqus

No comments