5 Cara Ampuh Agar Telur Lovebird Menetas Semua

Cara Agar Telur Lovebird Menetas Semua - Lovebird mania pasti akan dibuat pusing ketika mendapati telur lovebird yang dieramai tidak menetas semua. Penantian panjang yang penuh rasa dag dig dug, ternyata berujung kekecewaan ketika membuka glodog lovebird. Beberapa telur lovebird yang dierami hanya sebagian yang menetas. Kejadian telur lovebird tidak menetas semua ini banyak dialami lovebirdmania di mana-mana. 
Cara Ampuh Agar Telur Lovebird Menetas Semua
telur lovebird @burungcantik.com
   Lovebird biasanya bertelur antara satu telur denga telur yang lainnya ada jarak. Antara telur pwrtama dengan telur ke dua biasanya berjarak 2 sampai 3 hari. Tergantung pada kondisi si burung itu sendiri. lovebird dengan kesehatan dan kesiapan yang baik akan member jarak semakain dekat. Lovebird akan bertelur 3 hingga 4 butuir telur sebelum dierami. Setelah telur keluar semua, biasanya 3 hingga 6 butir telur atau jika beruntung ada yang hingga 7 butir. Tentu akan menjadi keberuntungan  bagi Anda apabila semua telur yang dierami bisa menetas dan selamat sampai dewasa.
     Bukan sekedar keberuntungan, namun menetas atau tidaknya telur-telur lovebird juga dipengaruhi beberapa hal, antara lain:
  • Telur kosong atau invertil. Bisa karena tidak dibuahi atau pembuahan yang tidak sempurna.
  • Pengeraman yang tidak sempurna. Bida karena lovebird tidak vit, atau faktor lingkungan yang kurang mendukung.
Baca juga : Trik Jitu Melatih Lovebird PAUD Ngekek Panjang

Tips dan Cara Agar telur lovebird menetas semua


   Beberapa suhu atau para pakar lovebird menjelaskan tentang hal ini. Bahwa kunci utamanya terletak pada beberapa hal di bawah ini. 
  1. Selama proses pengeraman, buat agar suasana kandang dan lingkungannya nyaman untuk lovebord. Lingkungan yang nyaman ditandai dengan betina yang tidak keluar masuk glodog dan tetap tenang mengerami telutnya. Seandainya terlihat keluar gelodong biasanya hanya untuk makan dan minum saja. Betina harus terus mengerami untuk menjaga suhu telur.
  2. Antisipasi telur kosong atau invertil bisa dengan menyediakan pakan yang baik dan berkualitas. Karena pakan juga sangat berpengaruh pada kondisi burung saat membuahi. PAstikan juga lovebird kawin dengan sempurna agar pembuahanya sempurna dan menghasilkan telur yang berisi.
  3. Jaga birahi lovebird jantan selama betina mengerami. Karen ajika jantan birahi pasti akan mengganggu betina yangsedang vokus mengerami. Bisa diantisipasi dengan memindah sangjar sang jantan selama betina mengerami telurnya.
  4. Berikan pakan standar selama masa mengerami, cukup dengan pakan milet putih. Tidak perlu pakan tambahan, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi naiknya birahi.
  5. Tetap menjaga kebersihan sangar dan lingkungan sangkar. Karena sangkar dan lingkungan yang kotor dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai bibit penyakit.
   Jika membaca urain tentang tips di atas maka kita akan berfikiran bahwa kandang koloni akan lebih baik dari kandang biasa. Karena dengan kandang koloni, ketika betina mengeram maka sang jantan bisa bermain ke mana-mana sehingga tidak mengganggu si betina. Selain itu dengan sangkar yang lebar akan lebih leluasa bergerak bagi lovebird sehingga burung lebih sehat dan nyaman. Kondisi demikian pasti akan meningkatkan produktifitas ternak lovebird Anda.
   Nah inilah ulasan tentang bagaimana agar telur lovebird bisa menetas semua. Harapan penulis informasi yang singkat ini dapat membatu anda yang sedang mencari informasi agar lovebird lebih produktif. Semoga bermanfaat dan menginspirasi perkembangan dunia lovebir di Indonesia.
Salam lovebird mania?

Blogger
Disqus

No comments