Inilah 3 Fakta Tentang Burung Murai Batu yang Harus Diketahui Kicau Mania

Fakta tentang Burung Murai Batu - Burung yang terkenal dengan nama lain Kucica hutan adalah spesies burung yang tergolong famili Muscicapidae atau burung cacing. Di dunia kicau burung berekor panjang ini bersaing popularitasnya dengan burung pengicau lainnya. Burung berkicau yang populer seperti cucak  Jenggot, lovebird, cak ijo, Kenari dan kacer.  Fakta Murai Batu menjadi populer dan banyak dicari karena kicauan merdunya.
Inilah 3 Fakta Tentang Burung Murai Batu yang Harus Diketahui Kicau Mania
burung murai batu
   Dibalik popularitas murai bati, ternyata ada fakta  bahwa keberadaan burung lincaj berekor panajng ini semakin langka di habitatnya. Burung sebarannya ada di hampir seluruh kawasan Asia. Burung ini sering diburu oleh pemburu tidak bertanggung jawab. Populasi murai batu di alam liar semakin menurun, sehingga kini menjadi perhatian Lembaga Konservasi Internasional dan telah masuk katagori satwa langka yang dilindungi. 
   Bagi kicau mania, burung ini menjadi incaran karena karakter uniknya. Baik dari segi postur tubuhnya yang cantik maupun kemampuan olah kicaunya yang memukau. Ini yang menjadikan Murai Batu nilai jualnya meningkat. Apalagi pada setiap kompetisi burung berkicau, Murai Batu jenis burung fighter dengan gaya tarung berkicau sambil mengibaskan ekornya.
   Selain karakter tersebut  di atas, masih ada beberapa hal paling penting mengenai Murai Batu yang harus diketahui kicau mania. Nah, di bawah ini ada 3 fakta tentang Murai Batu yang harus diketahui. Ayo, biar nggak kelamaan rasa penasarannya kita simak ulasannya!

3 Fakta Tentang Burung Murai Batu 

Inilah 3 Fakta Tentang Burung Murai Batu yang Harus Diketahui Kicau Mania
murai batu

   Murai Batu adalah burung dengan mental pemberani dan petarung sejati. Jika Murai terpancing mendengar kicauan atau melihat burung lain, maka emosi burung ini langsung tersulut. Dengan gayanya yang gagah Murai akan berekspresi dengan membusungkan dada dan mengangkat ekor sambil mengibaskannya ke atas dan ke bawah.  Ini sebagai tanda bahwa sedang menunjukkan kekuasaannya. Wah, keren sekali bukan?

1. Dapat menirukan kicauan burung lain

   Selain bersumbu pendek laias temperamen, Murai termnyata  juga sebagai burung yang kocak. Hewan cantik ini memiliki kemampuan menirukan kicauan burung lain dengan baik. Tidak hanya sekedar meniru, ternyata suara Murai Batu bisa lebih lantang dan nyaring dibanding dengan kicauan burung yang ditirukannya.

2. Mudah jinak dan patuh pada pemiliknya 

   Meskipun habitat asli burung Murai Batu adalah hutan dengan pepohonan yang tinggi. Akan tetapi setelah menjadi hewan peliharaan burung, maka burung  ini sepat beradaptasi di tempat baru atau sangkar burung. Ini juga menjadi alasan mengapa hewan ini banyak diburu.

Inilah 3 Fakta Tentang Burung Murai Batu yang Harus Diketahui Kicau Mania
burung murai batu

3. Memiliki 3 warna bulu yang berbeda

   Kecantikan burung Murai Batu ada pada 3 warna bulu pada tubuhnya. Murai memiliki bulu dominan berwarna hitam hampir di semua bagian tubuhnya. Tetapi ada warna kecoklatan pada bagian badan bawah sedangkan bagian kepala yang dihiasi bulu hitam mengkilap dengan bersemburat biru.
   Itulah ulasan mengenai 3 fakta tentang Murai Batu yang harus diketahui oleh para pecinta burung atau kicau mania di tanah air. Semoga informasi bermanfaat dan menginspirasi kemajuan dunia kicau. Sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya.


Blogger
Disqus

No comments