Racikan Makanan Burung Kenari Untuk Kesehatan dan Vitalitas

Racikan Makanan burung kenari - Pada burung dan hewan peliharaan lain asupan nutrisi makanan menjadi sangat vital. Sehingga pakam yang menjadi elemen paling utama bagi berlangsungnya dunia burung berkicau dalam hal ini perkenarian. Karena makanan burung kenari dengan racikan khusus adalah sebagai pokok penunjang bagi  kelangsungan hidup, kesehatan dan Vitalitas burung.  Kini kenari semakin populer dan disuka semua pecinta burung di mana-mana, termasuk di Indonesia. Karakternya yang khas menjadikan burung kecil ini terkenal di mana-mana. Lihat saja, hampir di semua tempat di mana kita berada pasti terlihat sangkar berisikan burung kenari. Baik di teras-teras rumah, halaman, dan pastinya hampir semua even lomba burung ada kelas kenari. Nah, untuk kenari lomba ada racikan makanan burung kenari khusus agar tetap vit dan gacor saat lomba. 
Makanan Burung Kenari Untuk Kesehatan dan Vitalitas
Racikan makanan burumg kenari

   Semua sudah tahu pakan utama atau makanan pokok burung kenari adalah bijian yang sudah banyak diketahui yaitu canary seed. Seberapapun pakan ini disediakan di wadah pakan dalam sangkar pasti akan habis, bahkan bisa tanpa sisa. Ini menunjukkan bahwa kenari memang benar-benar doyan dan suka  pakan jenis bijian yang satu ini. Namun sebaiknya jangan hanya diberikan pakan ini saja pada kenari Anda. Berikan kenari asupan pakan tambahan atau ekstra fooding berupa variasi makanan burung kenari dari bahan lain seperti sayur, buah dan bijian lain.
   Kandungan yang terdapat dalam pakan kenari dari bijian ini didominasi lemak cukup tinggi dan ini kurang baik untuk kenari. Seperti kita ketahui bersama bahwa lemak yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan. Nah, demikian pula pada kenari jika pakan tidak dikendalikan terlalu banyak makan canary seed, maka dampaknya akan ngelemak atau kegemukan. Perui pakan khusus untuk mengatasi ini. Bisa diberikan pakan olahan pabrik atau bisa juga menggunakan pakan hasil racilkan sendiri. Karena kenari ngelemak akibat pola  dan bahan makanan yang kurang baik. Tentu kenari kegemukan akan kurang performanya, baik secara produktifitas maupun kicauannya.

Racikan Makanan Burung Kenari Untuk Kesehatan dan Vitalitas

Racikan makanan kenari ini berupa bijian yang terdiri dari:

  • Cannary Seed
  • Milet putih
  • Milet merah
  • Jewawut
  • Biji sawi
  • Biji Niger
   Aneka pakan kenari berupa bijian ini yang asalnya sebagian besar masih import, sedangkan sebagian lagi sudah produk dalam negeri. Namun semua bahan pakan ini masih mudah di dapatkan dimana-mana, baik di pasar burung maupun di warung atau toko penyedia pakan burung. Sampai saat ini kondisinya masih aman dan melimpah, jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan stok pakan kenari. Anda bisa meracik makanan untuk burung kenari sendiri sebelum memberikan pakan mix ini pada kenari kesayangan Anda.
   Setelah semua bahan-bahan tersedia, selanjutnya menakar biji-bijian tersebut dengan komposisi 65% bijian cannary seed, sedangkan 30% adalah campuran dari semua bijian selain cannary seed. Untuk melengkapi 5% nya adalah berupa suplemen penunjang kesehatan dan vitalitas baik berupa ramuan atau racikan dari bahan-bahan alami. Tambahan dari pakan buatan sendiri ini bisa berupa tambahan sari daun mengkudu.
    Semua bahan dicampur menjadi satu, dicampur aduk dengan sari daun mengkudu. Cara praktis mengapatkan sari-sari dari daun mengkudu cukup dengan mencacah daun mudanya hingga halus atau bisa ditumbuk hingga halus. Cara lain mendapatkan sari daun  herbal berkasiat ini bisa juga dengan cara diblender hingga lembut. Nah,selanjutnya sari daun mengkudu dimix ke dalam campuran bijian tadi. Aduk bijian bersama sari mengkudu sampai rata benar. Setelah benar-benar merata baru kemudian diangin-anginkan atau dijemur hingga bahan-bahan kering. 
   Setelah semua bahan tercampur merata dan kering benar, bisa langsung diberikan pada burung kenari. Berikan pakan ini sesuai takaran saja jangan berlebihan. Selain karena pertimbangan hemat juga melihat sisi buruk dari kelebihan pakan yang berakibat kenari menjadi gemuk atau ngelemak.
Inilah ulasan singkat  tentang racikan makanan burung kenari agar selalu vit dan sehat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi dunia kenari Indonesia. Selamatmencoba  meracik pakan kenari sendiri.

Blogger
Disqus

No comments