Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Yang Masih Trotol

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Trotol - Burung Jalak Suren merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kemampuan dan karakter khas kicaunnya disukai oleh banyak orang. Ciri khas burung Jalak Suren ini termasuk sebagai burung yang suara kicauannya yang terdengar keras dan ramai.
Burung jalak suren dengan warna bulu dominan hitam putih ini sering dijadikan properti teras dan sekaligus sebagai penjaga rumah. Karena setiap ada orang yang datang burung jalah uren ini akan berkicau keras sekali. Sehingga burung jalak suren populer juga dengan sebutan burung satpam rumah. Burung jalak suren memiliki nama ilmiah Gracupica contra ini berasal dari dataran India. 
Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Yang Masih Trotol
 Jalak Suren Trotol


Ciri Khas Burung Jalak Suren

   Salah satu ciri khas burung jalak suren yang paling terlihat adalah warna bulunya merupakan perpaduan antara hitam dan putih. Seperti halnya jenis burung kicauan lain, Jalak Suren juga memiliki tipe kaki anisodaktil yaitu tiga jari menjurus ke depan. Sedangkan satu jari mengarah ke belakang. Burung ini pada habitat aslinya menyukai tempat yang tidak jauh dari sumber air. Biasanya di lubang-lubang pada batang pohon,  saat makan Jalak Suren sering terlihat mencari yang ada di permukaan tanah.
   Burung ini menarik untuk dipelihara, pasti Anda pun ingin memeliharanya bukan? Jika anda akan memelihara burung jalak suren, maka sebaiknya mengetahui tentang bagaimana cara membedakan jantan dan betinanya sejak masih muda atau trotolan. Mengetahui perbadaan jenis kelamin jalak suren menjadi hal penting dan utama bagi para peternak  jalak suren. Jalak suren hampir sama dengan jenis burung cucak ijo, burung yang sama-sama pemakan buah-buahan. Akan tetapi tentu saja untuk harga masih lebih mahal harga burung cucak ijo. Walau harga jalak suren lebih murah tidak akan mempengaruhi kicaumania untuk memelihara jalak suren ini.

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Trotolan

   Cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina trotolan (anakan) cukup sulit. Apa lagi untuk yang belum berpengalaman. Cara untuk membedakan salah satunya adalah dengan membandingkan postur tubuhnya. Caranya adalah dengan menyandingkan sepasang Jalak Suren bersebelahan, maka pada burung jantan terlihat dengan tubuh yang lebih panjang dan lebih besar. Walaupun pada kenyataannya ukuran besar dan panjang itu relatif, karena tidak diberikan ukuran yang pasti. Sehingga untuk ketepatan atau akurasi saat menentukan jantan dan juga betina kadang tidak menjamin 100% benar.
   Cara membedakan jenis kelamin jalak suren jantan dan betina, bisa juga dilihat di bagian duburnya. Terdapat warna biru yang terlihat di samping duburnya. Pada jalak suren betina dewasa di sekitar bagian duburnya, tidak terlihat warna biru. Cara tersebut untuk membedakan jenis kelamin jalak suren muda , yang tidak semudah ketika membedakan burung jalak dewasa.
   Memelihara burung jalak suren sejak masih trotol sebaiknya dimaster atau dilatih agar bisa menirukan suara kicauan burung jenis lain. Burung Jalak Suren dapat mengeluarkan karakter suara seperti suara peluit, melengking, bisa juga menirukan suara manusia. Keunikannya inilah sehingga kicaumania memilih burung ini untuk dijadikan sebagai burung peliharaan di rumah. Perawatan burung jalak suren ini relatif mudah dan tidak perlu penanganan ekstra.
  Demikian selilas tentang ulasan cara membedakan kenis kelamin jalak suren saat masih trotol. Semoga bermanfaat untuk sekedar menambah penegetahuan tentang jalak suren. Dan yang lebih penting semoga bisa menjadi inspirasi untuk terus memajukan dunia kicau di tanah air Indonesia tercinta.
SALAM KICAU MANIA!


Blogger
Disqus

No comments