Ciri-ciri Burung Kenari Yang Siap Ternak

 Ciri-ciri Burung Kenari Siap Ternak - Hobi beternak burung kenari semakin banyak diminati. Ini adalah tanda baik bagi perkembangan dunia kenari di tanah air. Bagi para penggemar kenari yang ingin beternak alangkah baiknya  terlebih dahulu mengetahui bagaimana tahapan untuk beternak kenari. Namun sebelum hal tersebut dilakukan, alangkah baiknya Anda perlu mengetahui ciri-ciri kenari siap ternak. 
Ciri-ciri Burung Kenari Yang Siap Ternak
Ciri-ciri Burung Kenari Siap Ternak @kenarimania.com


Baca juga : Trik Jitu Perawatan Kenari Jawara

Ciri-ciri Burung Kenari Siap Ternak

  • Apabila saat burung kenari jantan didekatkan ke kenari betina, maka burung  jantan akan mengejar-ngejar kenari betina. Biasanya akan ngeruji  atau menabrak-nabrak  kandang ternak burung kenari sambil berkicau dengan suara yang keras.
  • Apabila kenari betina muai terlihat nungging dengan menggeleparkan sayapnya, maka ini pertanda bahwa si betina suadah mau untuk dikawinkan
  • Pada sore hari apabila keduanya sudah benar-benar jodoh, maka kedua burung kenari jantan dan betina akan saling meloloh ( bila posisi kedua kandang saling berdekatan )
  • Nah, apabila burung kenari betina sudah mulai merobek-robek kertas atau mematul-metuk ruji sangkar seperti mau membangun sarang, maka bisa dipastikan si betina siap kawinkan.

Proses Pengeraman

 Telur-telur burung kenari yang dierami sebelum menetas pada umumnya memerlukan waktu sekitar 14 hari bergantung pada keadaan suhu dan cuaca. Oleh karenanya maka para peternak pada umumnya berinisiatif dengan memberikan kehangatan buatan.  Caranya menggunakan  penghangat buatan berupa lampu bohlam 5 watt untuk tambahan panas. Untuk proses penetasannya pada umumnya akan secara bergantian satu telur setiap harinya. Setelah telur menetas maka yang perlu diperhatikan adalah:
  • Memisahkan indukan kenari jantan apabila terlihat mengganggu proses pemberian pakan oleh indukan betina.
  • Namun, apabila indukan kenari jantan tidak mengganggu maka dapat tetap kita ditempatkan di kandang. Karena ada juga karakter burung kenari jantan yang mau membantu kenari betina saat mengasuh anakannya.

 Tentu ada cara atau tehnik yang lain sesuai dengan pengalaman beternak dari para peternak di Indonesia. Pilihlah tehnik yang sekiranya paling mudah untuk diterapkan. Tidak ada aturan atau teknik  yang baku dalam dalam beternak burung kenari, namun pada umumnya persyaratan ternak kenari sudah disampaikan seperti pada ulasan singkat di atas.

 Demikianlah artikel peluang usaha  Untung Besar Dari Bisnis Ternak Kenari yang bisa disampaikan. Semoga artikel kami di atas bisa menambah keberhasilan ternak kenari. Apabila para pembaca masih menghadapi persoalan hambatan dan kendala dalam ternak kenari, bisa tinggalkan komentar di bawah. Maka kami  akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan sukses dalam usaha ternaknya. 
 Salam kenari maniah!
Blogger
Disqus

No comments