Ramuan Tradisional untuk Makanan Burung Finch Agar Tetap Fit

 Ramuan Tradisional untuk Makanan Burung Finch - Burung finch Afrika yang sudah masuk di Indonesia seperti burung Blackthroat, Sanger, Mozambik, red siskin dan sejenisnya.  Selain jenis finch tersebut juga ada beberapa jenis kenari asli luar negeri, seperti kenari yorkshire, scotch fancy, spanis timbrado dan lainnya. Beberapa jenis burung import tersebut telah berhasil ditangkarkan oleh para peternak burung import di Indonesia. 
Ramuan Tradisional untuk Makanan Burung Finch Agar Tetap Fit
Makanan Burung Finch @omkicau.com
 Pada dasarnya burung jenis finch tetap sedikit rentan terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Seperti keadaan cuaca yang extreem pada saat ini, cuaca yang sudah sulit ditebak oleh para petani sekalipun, karena cuaca anomali dan efek pemanasan global. Kadang cuaca menjadi panas, lalu tiba-tiba hujan turun atau hujan full tanpa mengenal  musim.
 Pada burung finch ini samping perawatan yang baik, burung juga perlu mendapat asupan makanan burung yang memadai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan stamina dan membantu proses adaptasi terhadap cuaca extreem. Karena  seperti halnya pada manusia burung juga butuh penghangat  seperti wedang jahe walau sekedar untuk menghangatkan badan. Dan pada kali ini kami ingin berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana cara membuat jamu burung yang bermanfaat untuk menjaga vitalitas pada saat menghadapi cuaca buruk.

Cara membuat ramuan tradisional untuk makanan burung

Bahan makanan burung finch:

  • Pakan biji-bijian 1Kg (sesuaikan dengan burung)
  • Jahe ukuran besar : 1 ruas
  • Kunir/kunyit ukuran sedang : 1 ruas
  • Telur (kuningnya) : 2 biji
  • Madu tawon asli : 5 sendok
  • Minyak ikan : 9 butir
  • Multivitamin - natur E : 3 butir

Proses pengolahan ramuan tradisional untuk makanan burung

  1. Bersihkan terlebih dahulu pakan berupa biji-bijian, caranya adalah dengan merendam di dalam air. Bijian yang baik akan tenggelam, sedangkan yang jelek akan mengambang di air. Setelah itu pilah-pilah bijian yang baik saja dan bilaslah dengan air bersih lalu angin-anginkan.
  2. Kupas semua bahan / umbi, seperti kunyit, jahe dan bahan lain lalu haluskan dengan cara diparut atau bisa dengan cara ditumbuk sampai halus. 
  3. Campur semua bahan yang telah dihaluskan kecuali biji-bijian ke dalam wadah dan tambahkan kurang lebig 1/3 gelas air bersih, kemudian aduk hingga rata. 
  4. Setelah itu masukan adonan tadi ke dalam wadah besar dan campur dengan biji-bijian yang telah disiapkan, kemudian aduklah  sampai rata benar.
  5. Keringkan atau bisa denga cara diangin-anginkan biji-bijian yang sudah tercampur rata dengan ramuan.
  6. Setelah tercampur dan kering benar, selanjutnya masukan semuanya ke dalam toples untuk menjaga kelembaban dan agar tetap baik.


 Pakan burung mix ramuan ini bisa Anda tambahkan sebagai suplemen pada saat cuaca extreem, saat akan ikut lomba di gantangan, baik juga untuk masa penjodohan. Pakan tambahan ini baik diberikan 1 minggu sekali. Yang perlu diingat, jangan berikan untuk pakan harian. Demikian semoga bermanfaaat dan menginspirasi. Salam kicaumania!
Blogger
Disqus

No comments