7 Trik Jitu Perawatan Burung Mozambik

Burung mozambik atau green singing finchte juga disebut yellow fronted canary (Serinus mozambicus). Burung kecil berwarna dominan kuning ini adalah salah satu spesies yang berbulu paling indah dibanding jenis finch afrika lainnya. Ciri-ciri mozambik jantan dan betina sedikit mirip tetapi tetap ada perbedaaan yang menyolok. Burung jenis finch ini hidup di lingkungan yang tandus merupakan burung endemik dari benua Afrika. Di habitat aslinya burung mozambik ini hidup berkoloni dan mampu bertahan hidup hingga usia antara 15-20 tahun. 
7 Trik Jitu Perawatan Burung Mozambik
Burung Mozambik

Burung finch ini berperawakan atau dengan postur sedikit lebih kecil dari kenari lokal. Burung mozambik sebagai jenis finch yang menjadi populer karena memiliki kicauan khas. Kicauannya merdu yang hampir mirip dengan kicau blackthroat.  Karakter suara burung ini ngeroll panjang yang tajam dan kencang. Harga burung mozambik juga sangat terjangkau.

Mozambik termasuk jenis burung yang aktif dan kadang bisa menjadi sangat agresif. Burung ini terhadap jenis burung finch lainnya menjadi agresif. Terutama jika ditempatkan bersama dalam kandang koloni atau kandang polier yang terlalu sempit. Burung mozambik jantan memiliki suara kicauan yang sangat dominan, penuh variasi, ngerol, dan irama yang sangat merdu.

Mengingat habitat mozambik aslinya di daerah beriklim panas, maka kita harus bisa mengadaptasikan hal ini dalam perawatan hariannya. Misalnya dengan memberikan lampu full spektrum. Jika burung mozambik disimpan dalam ruangan maka secara rutin harus melakukan penjemuran. 
7 Trik Jitu Perawatan Burung Mozambik
 Burung Mozambik
Sebelum melangkah pada tahap perawatan harus sediakan sangkar. Tempat tinggal burung mozambik ini idealnya berukuran 35 × 50cm. Sediakan juga kerodong dengan ketebalan sedang dan kelengkapan penting lainnya. Perawatan burung mozambik tidaklah sulit, sama halnya merawat burung kenari atau burung pemakan biji-bijian lainnya.

Mozambik merupakan burung pemilih, hal ini perlu diperhatkan. Kebiasaannya kerap mengacak-acak cepuk wadah pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya. Biji kesukaannya seperti jewawut, milet merah, dan niger seed.

Trik jitu perawatan burung mozambik :
  1. Penjemuran.
 Pada pagi hari dijemur sampai siang harinya dengan durasi penjemuran antara ham 7 hingga jam 10 tergantung kondisi cuaca saat itu.
  1. Mandi / Semprot
Di sela - sela penjemuran burung bisa dimandikan. Namun tidak semua mozambik mau mandi rutin. Biasa dilakukan beberapa hari sekali saja.
  1. Pemberian pakan
Berikan pakan berupa bijian makanan burung favoritnya, terutama jewawut, milet dan niger seed.
  1. Pemberian pakan tambahan atau Ekstra Fooding
Berikan pakan tambahan atau ekstra fooding berupa sayur dan buah. Yang disukai seperti krokot, dan buah-buahan seperti apel.
  1. Penambah kalsium
Berikan tulang sotong pada sangkarnya, berfungsi untuk pakansebagai  sumber kalsium.
  1. Kerodong 
Setelah selesai waktu penjemuran pada siang hari, burung mozambik diangin-anginkan kemudian dikerodong. Tempatkan di dalam ruangan dengan fentilasi baik dan dengan udara segar. Setelah sore bisa buka kerodong dan kembali gantang di luar rumah sesuai dengan kondisi.
  1. Memaster Mozambik
Pada sore hari burung di kerodong dan gantang di dalam ruangan kembali untuk istirahat. Pada sore hingga malam hari maka burung mozambik bisa dimaster dengan suara burung mozambik MP3 atau sesuai selera.

Lakukan perawatan secara rutin agar mozambik terjaga staminanya. Dengan melakukan perawatan seperti yang sudah dijelaskan di atas maka  burung mozambik senantiasa gacor dan terhindar dari stres.
Blogger
Disqus

No comments