Tips Sehat Meloloh Jenis Murai Batu Agar Selamat Dan Tumbuh Dewasa

Rawatan anakan Murai Batu Agar Sehat Dan Tumbuh Dewasa - Beberapa jenis murai batu semakin banyak penggemarnya sehingga harganya menjadi stabil. Anakan murai batu semakin diburu. Orang akan rela menghabiskan waktunya buat meloloh anakan Murai Batu. Burung Murai Batu sesegera mungkin diloloh makanan dengan tangan supaya burung tersebut menjadi sehat, jinak serta lebih cepat beradaptasi dengan manusia.    Untuk itu peternak harus tahu bagaimana tips sehat meloloh murai batu agar selamat sampai dewasa.  
Tips Ampuh Meloloh Murai Batu Agar Selamat Dan Tumbuh Dewasa
anakan murai batu
Baca juga : Burung Murai Batu Semakin Langka dan Dilindungi
    
Pada jenis murai batu lampung, murai batu kalimantan apabila induknya sudah meloloh, biasanya anakan Murai Batu tidak akan mau diloloh manusia. Tips dan metode menjaga serta meloloh anakan Murai Batu umur 7-30 hari. Mengapa sesegera mungkin menunggu hingga umur 7 hari? Memanen anakan Murai Batu yang terbaik yaitu terhadap umur 7-10 hari. Ingat, Anda sesegera mungkin memanennya dalam rentang masa tersebut, tak boleh lebih, tak boleh kurang.
  • Mengapa harus sesegera mungkin dalam rentang masa 7-10 hari? 
  • Mengapa tidak langsung pada  hari pertama? 
   Anakan Murai Batu telah dapat melihat induknya serta lingkungan sekitar. Apabila  anakan Murai Batu telah menatap induknya,  maka akan kesusahan melolohkan makanan ke anakan Murai Batu.
   Hal ini juga hampir senada ketika  Anda memanennya di umur 1-7 hari. Karena, anakan Murai Batu umur 1-7 hari masih  dalam keadaan kritis. Apabila Anda sedikit saja melaksanakan kesalahan dalam perawatannya atau tak konsisten dalam memberikan makan,  menyebabkan anakan Murai Batu akan merasa kelaparan serta akhirnya mati.
  Parahnya lagi, bila perawatan yang kurang intensif, maka anakan Murai Batu dapat cacat dan setelah itu lumpuh. Oleh Karena itu, menjaga anakan Murai Batu jangan asal-asalan.
    Selain pada masa pelolohan yang sesegera mungkin dan  konsisten, juga harus sesegera mungkin memberi menu makanan yang baik buat anakan Murai Batu. Tepat  umur 7 hari, Anda dapat memberinya kroto. Kroto yang diberikan juga harus dalam keadaan segar serta baru dan bebas dari semut-semut. Nah, pemberian kroto dapat dimulai pada jam 06.00 pagi hingga jam 06. 00 sore.  Jeda pemberian makanan pada anakan murai batu kurang lebih satu jam sekali. Tips memberikan kroto  jangan lupa  mencelupkan kroto ke dalam air matang sebelum dilolohkan kepada anakan Murai Batu
.  
Tips Ampuh Meloloh Murai Batu Agar Selamat Dan Tumbuh Dewasa
lolohan murai

   Tujuannya, supaya kroto yang agak lengket tak menyangkut di kerongkongan anakan murai tersebut. Dengan  air matang, maka  kroto menjadi licin serta gampang masuk ke kerongkongan murai lolohan. Yang perlu  Anda perhatikan adalah  jangan terlampau banyak memberi kroto untuk  anakan Murai Batu. Sebab, organ pencernaannya belum berfungsi secara sempurna.

Perawatan anakan Murai Batu umur 8-14 hari

   Setelah seharian diloloh  kroto, pada  hari ke-8, dapat mengombinasikan kroto dengan voer. Saat dicampur dengan voer, sebaiknya campurlah voer dengan air hangat agar lebih halus. Kalau adanya beberapa voer yang tidak dapat halus, coba singkirkan bagian  voer yang kasar berilah yang halus saja.


   Walau  dapat dicampur dengan voer, Anda tetap tak boleh terlampau banyak memberi pakan voer. Gunakan kombinasi voer serta kroto dengan perbandingan  30:70. Kombinasi ini  sekali makan serta sesegera mungkin habis dalam kurun masa  antara 15 -20 menit.

Perawatan anakan Murai Batu umur 15 - 30 hari

   Saat memasuki umur 15 hari, porsi pemberian voer  mulai ditambah dengan perbandingan  50 : 50. Lalu, pada hari ke-21 atau 22, barulah Anda bisa memberinya jangkrik.  Pilihkah jangkrik yang tidak terlampau besar, kalau dapat pilih yang anakan saja. Di samping itu, pemberian jangkrik sebagusnya  memakaikan lidi atau alat lain  supaya anakan Murai Batu tak manja
Tips Ampuh Meloloh Murai Batu Agar Selamat Dan Tumbuh Dewasa
murai trotol

  Dengan berikan makanan tak langsung menggunakan tangan,  anakan Murai Batu akan makin mandiri. Kalau telah mandiri,  antara umur lebih dari 30 hari, Anda dapat memindahkannya ke sangkar khusus untuk memisahkan. Gunanya  untuk   menghindari perkelahian dengan anakan Murai Batu yang lain

Demikian sebagian metode menjaga serta meloloh anakan beberapa jenis murai batu umur 7 - 30 hari. Mohon maaf jika msih banyak kekurangan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.
Blogger
Disqus

No comments