Cara Memilih Dan Merawat Burung Kenari Bahan Yang Tepat


Cara Memilih Dan Merawat Burung Kenari Bahan - Burung Kenari adalah burung kecil gampang bunyi yang sangat banyak penggemarnya. Kelebihan yang lain adalah variasi warna beragam dengan kombinasi yang unik. Suara burung Kenari sangat khas dan variatif dengan lagunya yang naik turun. Karakter nadanya nada mempunyai ritme irama lagu yang enak dinikmati. Menariknya, ternyata memilih dan merawat burung Kenari dapat dilakukan dengan mudah, asyik dan menyenangkan.
Memilih Dan Merawat Bahan Kenari Yang Tepat
 Bahan Kenari 


KARAKTER DASAR BURUNG KENARI

  • Mudah beradaptasi, burung ini sangat mudah segera menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru.
  • Karakter penyanyi dan petarung. Saat mendengar burung atau melihat burung sejenis, maka semangat tarungnya langsung muncul.
  • Birahinya cenderung mudah naik. Burung kebil ini sangat mudah naik birahinya. Banyak pemicu naiknya birahi pada burung ini. Pemberian pakan yang tidak tepat, penjemuran yang terlalu lama atau karena melihat burung Kenari betina dapat segera menaikkan birahinya.
  • Mudah jinak. Karena mental dan kemampuan beradaptasinya, sehingga burung ini mudah jinak.
  • Tidak gampang stres. Inilah mengapa  Kenari sudah ratusan tahun lalu berhasil ditangkarkan
  • Pada jenis kenari Penyanyi atau song canary, yaitu Kenari yang memiliki keunggulan di kicauan nyanyiannya. Kemampuannya berkicau merdu dengan nada yang naik turun, permainan speed nada dan mampu menirukan suara burung lain yang diperdengarkan menjadi ciri khas burung Kenari.
  • Contoh burung Kenari Penyanyi adalah: Waterslager, American Singer, Roller, Spanish Timbrado, Persian Singer dan lain lain.
Cara Memilih Dan Merawat Burung Kenari Bahan Yang Tepat
burung kenari

PEMILIHAN BAHAN BURUNG KENARI YANG BAIK

( CIRI-CIRI BURUNG KENARI YANG BAIK DILIHAT DARI KATURANGGAN )


Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk pemilihan bakalan burung Kenari, yaitu:
    Pilih yang berkelamin jantan, ciri-ciri burung Kenari jantan secara fisik dapat dilihat dari  bentuk tubuhnya. Terdengar mengeluarkan suara mencuit yang lebih keras dan nyaring. Pada kenari jantan ditadai pada  vent yang lebih besar dan panjang.
  • Bentuk paruh, sebaiknya dipilih bentuk paruh yang berpangkal tebal, lebar, besar dan panjang.
  • Kepalanya berbentuk kotak. Ini tanda burung mempunyai mental tarung  yang baik.
  • Postur badan, pilihlah bahan kenari dengan postur sedang tandanya pada  panjang leher, bentuk badan dan ekor serta kakinya yang serasi. Jangan memilih kenari bahan yang lehernya pendek.
  • Sayapnya mengapit rapat dan kaki mencengkeram kuat, ini tanda bahan kenari tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar, kuat dan terlihat kering.
  • Lincah bergerak namun tidak agresif dan bernafsu makannya kuat. Ini menjadi tanda atau ciri-ciri fisik bahan kenari yang bermental baik.
  • Leher yang panjang padat berisi. Menandakan burung ini berbakat mengeluarkan kekuatan suara secara maksimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KENARI

  • Bijian Mix. Pakan utama burung ini adalah Canary Seed, dapat pula diberikan biji-bijian seperti milet, biji sawi dan lainnya
  • Sayur dan buah. Burung Kenari suka makan sayuran dan buah segar seperti : selada, sawi hijau, gambas, ketimun, apel merah juga jagung muda.
  • Telur dan Kroto. Pakan ini pada londisi tertentu sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan mengoptimalkan vitalitas fungsi organ tubuh burung Kenari.
  • Asinan. Pakan berupa tulang sotong untuk mencukupi kebutuhan akan kalsium
  • Roti kering. Sebagai pakan tambahan untuk melengkapi kebutuhan gizinya.

PERAWATAN DAN SETINGAN HARIAN BURUNG KENARI


Perawatan harian penting untuk burung Kenari. Tehnisnya relatif sama dengan rawatan pada burung berkicau jenis lainnya. Kunci keberhasilan perawatan harian ini terletak pada ketekunan, ketelatenan, sabar,  rutin dan konsisten.
Berikut ini ada Pola Perawatan Harian dan Setingan Harian yang tepat untuk burung Kenari:
·         Pagi hari antara jam 07.00 burung diangin-anginkan kemudian dimandikan bisa disemprot
·         Bersihkan kandang tambahkan atau ganti pakan dan air minumnya
·         Berikan pajan tambahan berupa sayur segar atau buah.
·    Penjemuran cukup dilakukan selama 1-2 jam,  mulai pukul 08.00 hingga 10.00. Selama penjemuran, usahakan burung tidak melihat burung sejenis.
·       Setelah selesai dijemur, angin-anginkan selama 10 menit, lalu sangkar kembali dikerodong.
·     Pada siang hari antara jam 10.00 hingga 15.00 burung kenari  dapat di master dengan suara burung master yang tepat
·      Jam 15.30 sore, burung cukup diangin-anginkan saja,  boleh sambil dimandikan jika perlu.
·    Menjelang petang sekitar Jam 18.00, burung kembali dikerodong sambil terus  di perdengarkan suara masteran hingga pagi harinya.

 Inilah sedikit ulasan tentang bagaimana memilih dan merawat kenari bahan. Ada beberapa tehnik yang diutarakan di sini. Tentu berdasarkan pengalaman dari para pelaku atau mereka yang benar-benar telah praktek tentang bagaimana memilih dan merawat kenari dan berhasil dengan baik. Semoga bermanfaaat dan terus mengisnpirasi bagi kemajuan dunia kenari Indonesia.
Blogger
Disqus

No comments