Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang

Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang - Bermain lovebird paud sangat menantang. Karena lovebird muda banyak juga yang memberi istilah lovebird balibu atau paud. Mulai merawat anakan lovebird sejak meloloh hingga makan sendiri pasti ada sensasi tersendiri. Lovebird akan tumbuh dan jinak, sangat akrab dengan yang merawatnya. Lebih asyik lagi saat kita uji nyali lovebird muda di gantangan. Menampilkan lovebird muda bertujuan untuk mengetes hasil breeding apakah bisa dikatakan prospek untuk gantangan atau tidak. Tentu ada trik dan tehnik tersendiri untuk penanganannya. Yang pasti harus hati-hati jangan salah penanganan, karena kalau salah justru akan menjadikan lovebird drop atau kalah mental.
Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang
lovebird paud


 Burung Lovebird yang masih muda cenderung mempunyai birahi yang belum stabil.  Oleh karena itu saat di gantang burung tersebut hanya sebagai sarana mealtih mental dan mengetahui karakter lovebird  tersebut. Dari sini kan terlihat apakah lovebird dapat tampil bagus dan pantas untuk gacoan. Tapi kalau performanya kurang baik masih bisa dimanfaatkan untuk menjadi memaster burung kicauan lainnya.

 Adapun yang harus dilihat dalam pemilihan bahan lovebird atau anakan yaitu dengan memilih burung dengan ciri sebagai berikut:

  1. fighter
  2. latah
  3. durasi ngekek yang panjang
 Ketiga ciri tersebut akan menjadi poin utama saat penilaian pada lomba. Nah dengan melihat ciri lovebird yang baik tersebut maka dari itu kita akan mengulas bagaimana cara merawat anakan Lovebird agar mau ngekek durasi panjang saat digantang.
Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang
lovebird paun ngekek


Pemilihan anakan dari indukan trah jawara

 Indukan jawara diprediksikan kurang lebih 60 % akan membawa pengaruh trah jawara. Agar mendapatkan anakan dari trah juara kita harus teliti benar dan jeli jangan sampai keliru. Setidaknya dapat dilakukan dengan cara melihat burung secara fisik baik bentuk tubuh maupun waran bukunya. Dari pemilihan tersebut dapart diperoleh kualitas genetik anakan lovebird trah jawara.

Melatih Mental Lovebird Muda Agar Dapat Ngekek Panjang

  1. Pada umur 1,5 bulan hingga 2 bulan, lovebird akan  mulai belajar berbunyi. Walaupun janya sekedar ngriwik dan masih malu - malu. Cara merawat anakan lovebird umur 2 bulan dapat dilakukan dengan cara :
·         dijemur pagi
·         dimandikan rutin
·         gantang dan angin anginkan di tempat yang ramai agar anak lovebird bermental kuat
  1. Lovebird  diumbar dalam kandang umbaran setelah mandi pagi tujuannya  agar stamina bagus dan sehat
  2. Jauhkan dengan sesama Lovebird tetapi boleh jika hanya sekedar mendengar suara saja. Tujuannya agar saat bertemu lovebird lain berani fighter dan bersuara
  3. Kenalkan lovebird muda dengan suasana lomba agar tidak demam panggung dan mengetes seberapa mental si burung
  4. Jangna lupa asupan pakan yang sempurna dengan memberikan  pakan tambahan atau ekstra fooding. Tujuannya  untuk meningkatkan stamina dan agar birahi terkontrol. Pakan tambahan atau ektra fooding dengan memberikan:
·         Jagung Muda : manfaatnya memperkeras suara
·         Daun Bayem : pendongkrak dan pemulihan stamina
·         Daun Ginseng : menjaga kesehatan dan stamina
·         Daun Binahong : manfaatnya sebagai obat
·         Daun Mengkudu Muda : Baik untuk meningkatkan kualitas suara.
Penggunakan pakan tambahan atau Extra Fooding sebaiknya disesuaikan dengan  kebutuhan saja.
  1. Memaster lovebird muda agar mau  ngekek panjang kita bisa burung lain seperti cucak jenggot untuk memancing suara ngekek panjang lovebird. Atau bisa menggunakan audio buatan berupa MP3. Tehnik master dengan audio nuatan harus terkontrol dengan suara yang lembut jangan terlalu keras.  Karena dikhawatirkan judtru akan merusak karakter suara lovebird muda kita.
    Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang
    lovebird paud belajar ngekek
 Inilah sedikit ulasan bagaimana cara melatih lovebird paud agar tampil bagus dan bisa menjadi gacoan di lapangan. Dengan menggunakan Trik Jitu Melatih Lovebird Paud Ngekek Panjang ini diharapkan akan memunculkan lovebird – lovebird  berkualitas di tanah air. Semoga bermanfaat.
Blogger
Disqus

No comments