Trik Jitu Merawat Dan Meramu Makanan Burung Blackthroad

Trik Jitu Merawat Dan Meramu Makanan Burung Blackthroad Sehat - Blackthroad terus berkembang di tanah air, ini membuktikan animo pecinta finch meningkat. Asal burung kecil ini dari Afrika, pada awalnya blackthroad yang ada di Indonesia adalah hasil impor. Tetapi seiring berjalannya waktu dan kreatifitas para finch mania menjadikan perkembangbiakan blckthroat berhasil. Hal ini dituntut pula pengetahuan merawat termasuk meramu makanan burung blackthroad tersebut. Sehingga yang terjadi sekarang blackthroad yang ada hampir seimbang antara import dengan hasil tangkaran lokal. Terbukti sekarang banyak ditemukan blackthroad dengan cincin ternakan lokal yang kualitasnya juga bersaing dengan blackthroad import. Salah satu jenis yang paling disukai dam populer adalah blacktrhoad botswana.
Tips Jitu Merawat Dan Meramu Pakan Untuk Blackthroad
blackthroad gacor

        Untuk memelihara blackthroad sebenarnya tidaklah sulit, karena  ada trik jitu merawat dan meramu makanan burung blackthroad. Sehingga walaupun sebagai burung import tidak begitu membuat repot. Burung blackthroad yangtermasuk keluarga finch ini mudah beradaptasi dengan iklim dan cuaca di Indonesia. Perawatannya tergolong  mudah tidak rumit sebagaimana burung – burung import yang lain. Perawatan  harian untuk blackthroad sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan burung  yang lain. Baik untuk blackthroad  yang ada di dalam kandang penangkaran maupun yang ada di sangkar harian dengan perawatan harian standar adalah sebagai berikut :
  1. penjemuran rutin
  2. pembersihan kandang dan lingkungan
  3. Pemberian pakan utama dan  pakan tambahan. 
    Tips Jitu Merawat Dan Meramu Pakan Untuk Blackthroad
    blackthroad jantan
           Sedangkan untuk rawatan siap lomba juga tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Hanya perlu sedikit penanganan untuk blackthroat sebelum digantang.  Sebagaimana poin ketiga dalam perawatan adalah pemberian pakan utama dan pakan tambahan atau ekstra fooding. Seperti halnya pada burung finch dan jenis burung kenari, makanan pokok  untuk burung blackthroat adalah biji-bijian.

Pakan utama blackthroad

            Pakan utama untuk burung blackthroad  adalah biji jewawut, sayuran seperti sawi hijau, serta beberapa makanan tambahan atau extra fooding (EF) bisa berupa pakan yang mengandung protein baik nabati maupun hewani. Pakan biji-bijian bisa dibuat  sendiri dengan mencampurkan dari berberapa jenis bijian, komposisinya adalah sebagai berikut :
  • Jewawut  sebanyak  40 %
  • Milet sebanyak  5 – 10 %
  • Cannary seed  sebanyak 35 %
  • Biji sawi sebanyak  5 – 10 %
  • Niger seed sebanyak  2 %
  • Biji lobak  sebanyak  3 % 
                Formula pakan tersebut akan efektif apabila diberikan rutin dengan takaran yang cukup. Pemberian pakan jangan berlebihan, secukupnya saja. Karena apabila tidak diatur maka makanan seberapapun akan habis sia-sia. Pertimbangannya adalah karena efesiensi dan demi kesehatan bagi birung itu sendiri. Apabila pakan diberikan terlalu banyak pasti hanya akan dihambur-hambirkan saja.  Pasti akan banyak pakan yang  terbuang percuma. Dan yang perlu menjadi perhatian para pecinta burung finch  apabila terlalu banyak memberi pakan maka burung akan menjadi kegemukan. Sebaiknya pemberian pakan dengan takaran  maksimal ¾ dari ukuran wadah pakan. Dengan tips ini pakan akan hemat dan burung blackthroat menjadi sehat.

Sayuran dan extra fooding

          Selain berupa formula bijian tersebut di atas , blackthroat juga suka  jenis pakan lain seperti sayur segar, buah-buahan segar, dan extra fooding atau pakan tambahan  sebagaimana di alam aslinya. Pakan tambahan Sayuran dan buah-buahan untuk burung ini adalah:
  • sawi putih
  • selada air
  • oyong
  • apel.
Ada  juga pakan tambahan hewani atau  extra fooding yang berasal dari protein hewani  antara lain:
  • Kroto
  • telur puyuh
  • kuning telur ayam. 
    Tips Jitu Merawat Dan Meramu Pakan Sehat Untuk Blackthroad
    pakan blackthroad
         Tambahan pakan atau extra fooding  hewani diberikan dengan takaran terbatas. Karena jika berlebihan akan berefek buruk bagi burung blackthroad. Pakan tambahan baik nabati maupun hewani mampu mendongkrak vitalitas burung blackthroad juga menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya agar sehat dan tahan dari serangan penyakit.

                Inilah sedikit ulasan tentang pentingnya perawatan blackthroad dan sedikit Tirik Jitu Merawat dan meramu Pakan Sehat Blackthroad. Semoga bermanfaat bagi blackthroad mania dan para pembaca sekalian. 
Blogger
Disqus

No comments