Trik Jitu Perawatan Kenari Jawara

Trik jitu perawatan kenari - Jenis kenari F1 YS adalah hasil silangan jenis kenari Yorkshire dengan kenari lokal. Saat ini kenari F1  memang lagi digandrungi para kenari mania di seluruh Indonesia. Karakter khas pada  posturnya yang besar dan gagah seperti karakter bapaknya yaitu kenari Yorkshire. Sedangkan kualitas suaranya yaitu  irama lagu dan  volumenya jauh lebih baik ketimbang jenis lokal. Namun ada kecenderungan ngedur atau kontinyu pada saat berbunyi sebagaimana karakter kenari lokal yang rajin bunyi dan panjang (berdurasi lama).

Pada saat umur kenari F1 semakin dewasa dan cukup umurnya maka burung kenari F1 YS akan tampil lebih baik saat di lapangan. Tetapi tentu saja semua kembali pada karakter burung itu sendiri. Dan yang paling utama adalah perawatannya. Untuk itu Anda pencinta burung kenari wajib mengetahui tentang apa saja trik jitu perawatan kenari agar menjadi jawara.

Trik Agar Kenari F1 YS Tampil Jadi Juara
Kenari F1 Lapangan @fjb.kaskus.co.id
Baca Juga : 3 Cara Ampuh Menjadikan Burung Jawara

Burung kenari  F1 YS akan jauh lebih aman dan lebih mantap ditampilkan ke lapangan (dilombakan) minimal umurnya 1 tahun atau bahkan 1,5 tahun.  Pada usia ini kenari setidaknya sudah dua kali mabung. Kenari F1 minimal umur berumur 9 bulan  baru mulai gacor atau pada saat beres mabung pertama. 

Trik perawatan kenari F1 YS Calon Jawara. 
Dimulai dari  perawatan harian. Yang paling penting adalah  mandi dan jemurnya. Khusus makanan harur dengan menu bijian yang seimbang, komposisinya harus pas antara kenari seed dengan bijian lainnya. sehingga kenari F1 tidak kegemukan. Harus diperhatikan juga ekstra fooding atau makanan tambahannya yaitu: 
  • telur puyuh rebus, 
  • apel merah, 
  • daun selada  
  • sawi hijau
  • sawi bentul
  • ketimun di saat musim panas. 
Yang perlu diperhatikan pada Menu makanan ekstra khusus untuk anakan kenari pemberian telur puyuh rebus harus rutin setiap hari guna mamacu pertumbuhannya.

Perlu juga untuk diperhatikan pada saat penjemuran, burung kenari  F1 jangan terlalu lama dijemur di bawah terik matahari. Cukup sebentar saja, antara jam 7 sampai jam 9 pagi. Burung masih muda atau anakan sebaiknya jangan  terlalu lama saat dijemur. Karena stamina dan kondisi anakan masih rentan pada cuaca panas. selain itu juga untuk menghindari dehidrasi pada kenari F1 YS  bila terkena panas terlalu lama.

Dan salah satu adalah memaster pada kenari sejak anakan. Sehingga kenari akan terbiasa berbunyi sesuai dengan masteran yang ia dengarkan. Berikan masteran yang tepat agar kenari F1 YS bisa berprestasi. Yaitu dengan memberikan karakter pada durasi, lagu dan ketebalan suara. Bisa digunakan suara master dari burung blacktrhoat dan Ciblek. Sehingga Kenari F1 bisa tampil maksimal dengan kualitas suara yang maksimal. dan memenuhi aspek penilaian dari juri.

Inilah sekedar Trik Jitu Agar Kenari F1 YS Tampil Jadi Juara. Semoga bisa bermanfaat bagi para kenari mania dan dapat meramaikan khasanah perkenarian di Indonesia.
Blogger
Disqus

No comments